10 Agustus 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Irwasum Polri Berencana Melaunching Aplikasi E- Sapu Khatulistiwa Tahun Depan

Spread the love

Pontianak |Tren24Reportase.com-Inspektorat Pengawasan Umum Kepolisian Negara Republik Indonesia ( IRWASUM POL) Komjen Pol Drs. Agung Budi Maryoto melaunching Aplikasi E- Sapu Khatulistiwa bertempat di Hotel Aston Pontianak Jumat .12/11/2021.

Dalam Penyampaiannya kepada sejumlah awak media “Agung Budi Maryoto mengatakan, saya sangat mengapresiasi sekali terhadap adanya pelaksanaan kegiatan pelauchingan Aplikasi E- Sapu Khatulistiwa ini dan saya juga saya sangat mengapresiasi sekali untuk kegiatan Rakerda Khusus Saber Pungli yang dilaksanakan di Provinsi Kalimantan barat ini, karena untuk ditahun lalu dengan kegiatan yang sama telah dilaksanakan di Ptovinsi Jawa Barat ujar Agung.

Lebih lanjut dikatakanya rencana kita setelah dilakukan Rakerda Khusus Saber Pungli di Kalimantan barat ini untuk ditahun depan akan dibangun Gedung Khusus Saber Pungli mungkin di Kalbar ini termasuk salah satu yang akan di bangun Kantor Saber Pungli ujarnya.

Dikatakannya adapun Pungli itu adalah perbuatan yang tetap salah untuk dilakukan baik itu Pegawai Negeri maupun Pejabat Negara dengan cara pembayaran sejumlah uang yang tidak sesuai ataupun tidak berdasar tuturnya.

Karena dampak dari Pungli tersebut bisa berdampak kepada biaya ekonomi yang tinggi sehingga dapat menghambat pembangunan dan dapat merugikan masyarakat kemudian dapat menurunkan wibawa pemerintah Dimata masyarakat. Tutur nya.

Dikatakanya dengan sudah dilakukan pelauchingan Aplikasi E,Sapu Khatulistiwa tersebut ini merupakan terobosan baru,dari inovasi UPT Provinsi Kalimantan barat sebagai harapannya semoga di Sosialisasikan hinga sampai ke UPP Kabupaten Kota dalam hal ini agar masyarakat bisa memberi tahu jika mengetahui jika terjadi pungli.

IRWASUM Polri sangat mengapresiasi sekali terhadap pelaksanaan Rakerda Saber Pungli yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang telah menggandeng berberapa Unsur di Kalimantan barat .kemudian juga Aprisisasi ini kami sampaikan kepada Gubernur Kalimantan barat Dan jajaranaya atas kesuksesanya dalam penanganan Pandemi Covid -19 diwilayah Kalimantan barat unarnya.

Ditempat yang sama Gubernur Kalimantan barat Sutarmidji mengatakan,adapun upaya kita untuk mengatasi pungli tersebut dengan cara kita melakukan Peluncuran Aplikasi E-Sapu Khatulistiwa karena untuk kedepannya bahwa dikalimsntan barat ini akan ada Sekretariatnya sendiri gunanya untuk secepatnya menindak lanjuti laporan masyarakat terhadap pelaku Pungli, artinya kita bisa selaras dengan arahan Bapak Presiden agar tata kelola pemerintah bisa berjalan dengan baik dan juga masalah ekonomi juga bisa berjalan baik tanda ada hambatan dan masalah urusan perijinan juga cepat tuturnya.

Dikatakannya diwaktu saya pernah menjabat sebagai Walikota Pontianak saya pernah memangkas masalah perijinan dari sebanyak 99 perijinan saya pangkas menjadi 14 perijinan kenapa saya lakukan seperti itu karena saya menghindari dari pungli jika perijinan tersebut semakin menjelimut sehingga semakin banyak juga peluang untuk melakukan pungli pungkasnya.(Muly)

About Post Author