18 Mei 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Diduga Kelabuhi APH, Tambang Inkonvensional Upin Ipin di Desa Belo Laut Hajar Kawasan Hutan Mangrove

Spread the love

Bangka Barat, Tren24reportase.com – Tim Tren24reportase.com mendapat informasi dari warga setempat bahwa di Desa Belo Laut, Mentok Kabupaten Bangka Barat ada sebuah aktivitas penambangan Timah Ilegal yang sudah cukup lama.
Bahkan warga setempat mengatakan ada cukong yang mengkoordinir tambang timah ilegal tersebut.

Tepatnya pada hari Kamis, 11/11/21 sekitar pukul 13.30 wib, Tim Tren24reportase.com sudah berada di lokasi penambangan timah tersebut untuk mencari informasi. Saat Tim datang, mereka tidak bekerja dikarenakan air laut pasang.

Hasil pantauan Tim Tren24reportase.com, setelah bertemu dengan warga setempat mengatakan, memang benar tambang timah ilegal Upin Ipin tersebut beroperasi di wilayah Hutan Mangrove, bahkan Daerah Aliran Sungai ( DAS ) Desa Belo Laut, Mentok Kabupaten Bangka Barat.
Dari hasil tambang timah Upin Ipin dijual kepada cukong yang mengkoordinir kegiatan penambangan itu sendiri.
Sangat disayangkan, walaupun sudah terpasang plang HIMBAUAN bahwa di sekitar wilayah tersebut tidak boleh melakukan aktivitas penambangan tanpa ada izin dari Menteri, namun HIMBAUAN tersebut tidak ditaati.

Mereka bekerja mulai sore pukul.16.30.wib dan pagi hari tim tren24reportase.com melihat ada pondok atap seng tepatnya disamping jembatan air Bello namun tak terlihat para penampung timah disekitar pondok
Hingga berita ini ditayangkan.

Kepada pihak APH aparat penegak hukum Polres Bangka Barat, Kapolsek, Pol PP, Koramil, serta jajarannya agar segera ditindaklanjuti aktifitas tambang timah Upin Ipin didesa Bello laut. (Tim 7)