18 Mei 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Aksi Unjuk Rasa SP/SB Sumut Ta’ati Himbauan Kapolres Pelabuhan Belawan

Spread the love

Medan | Tren24reportase.com – Aksi Unjukrasa Serikat Pekerja (SP) LEM, SP KEP, dan SP SPTI Kabupaten Deli Serdang dan kota Madya Medan Provinsi Sumatera Utara ta’ati arahan Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang, SIK, SH, MH. Pengunjukrasa sampaikan aspirasi tanpa mendatangi kantor Gubsu dan Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara.

Pengunjukrasa sampaikan aspirasi di titik kumpul daerah KIM 1. Kamis (11/11/2021) pukul 10.00 Wib.Pantauan tren24reportase.com di lapangan, ketua DPC Ferderasi Serikat Pekerja Kimia Energi dan Pertambangan (F.SP KEP) SPSI J. Sitanggang paparkan tuntutan pekerja/buruh.

“Kepada Pemerintah, tolong diperhatikan pekerja buruh dengan hati nurani, perhatikan bagaimana sengsaranya peker/buruh di Indonesia khususnya di Sumatera Utara”, teriak J. Sitanggang dari atas mobil komando.

Upah Minimum Kota (UMK) harus dinaikkan 10-15 persen lanjut J. Sitanggang, dan selanjutnya upah sektoral dilaksanakan di Kabupaten/Kota, karena biaya kehidupan di Medan tidak mungkin sama dengan biaya kehidupan di daerah lain, jelas J. Sitanggang.

Ketua KEP SPSI yang akrab disapa Opung itu juga mendesak Gubernur Sumatera Utara untuk mengakomodir SP LEM, SP KEP, dan SP SPTI dibawah pimpinan Sabam Manalu untuk didudukkan di Dewan Pengupahan Provinsi Sumatera Utara.

Aspirasi pekerja/buruh itu ditanggapi Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara, H. Baharuddin Siagian, SH, M.si.

“Kita akan meneruskan aspirasi ini ke Kementerian Tenagakerja RI, kita sepakati itu, hak pekerja/buruh kita lindungi. Pekerja/buruh harus mendapatkan upah layak, dan itu menjadi tugas kita Pemerintah pusat, Provinsi, maupun pemerintah Kab/Kota”, kata Bahar.

“Terkait UMP maupun sektoral, hari ini semua di tingkat Nasional, Provinsi, Kab/Kota sedang berproses, mari sama-sama kita berjuang”, kata Kadis Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Utara.

Dalam arahannya, Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang, SIK, SH, MH berterimakasih kepada masa pengunjukrasa.

“Saya berterima kasih kepada rekan-rekan pekerja/buruh. Barusan sama-sama kita mendengar aspirasi rekan-rekan pekerja/buruh, dan sudah disampaikan kepada orang yang berhak dan berwenang, dan sudah disambut dengan baik dan juga akan segera ditindaklanjuti. Artinya tujuan kegiatan hari ini sudah tercapai”, kata Kapolres Pelabuhan Belawan.

Ditambah lagi dengan situasi kita yang masih pandemi lanjut Kapolres, saya minta dan saya himbau kepada rekan-rekan untuk melakukan aksi sampai di sini saja, karena tujuan aksi sudah tercapai”, tutup AKBP Faisal Rahmat Husein Simatupang, SIK, SH, MH.

Usai Kapolres Pelabuhan Belawan berikan arahan, pengunjukrasa bubarkan diri kembali ke rumah masing-masing. (Man).