6 Desember 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Kadis P & K Provinsi NTT Melakukan Kunker Di Sejumlah SMA dan SMK se Adonara

Spread the love

Tren24reportase.com | Adonara Flores Timur-Kunjungan Kerja Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Bapak Linus Lusi,S ,Pd. M.Pd hari ini Sabtu, 6 November 2021 ke sejumlah SMA dan SMK seluruh Adonara .

Rombongan pak Kadis P & K Provinsi ditemani koordinator Kepala Sekolah sewilayah Adonara bapak Agus Kumanireng, kepala SMAN Waiwadan Adonara Barat Yohanes Juang Boli,S.Pd , Pengawas Sekolah SMA/SMK yakni Barto Penana Payon , Nikolaus Openg , dan Hendrikus Notan Ola .

Rute kunjungan mulai dari Wilayah Kecamatan Adonara Barat dan berakhir di kecamatan Adonara Timur sekaligus melakukan ‘Bedah Buku di desa Lamahala pada minggu tanggal 7 November 2021 tepatnya di padepokan Bara Pati Raja sekaligus launching . Dalam sapaan Adat Adonara yang disampaikan pemandu acara Longginus Lesu Libak bahwa ” Ama Lusi Lera Matan Kaka Keman wulan nelo, Puken Nuan ditiwan tetih pahe patok ti gawe pai pi Uma guan Girek, turun elun di Èloh bokeh Ta’uro kae’ ke panah pai pia lango Girek Nonin” artinya Karena atas kehadiranmu Bapak Linus Lusi di sekolah ini maka dijemput dan dipersilahkan masuk di sekolah kami ini .

Dilanjutkan dengan sapaan dan sambutan sebagai tuan rumah yang mengawali adalah dari ketua Komite SMAN l Adonara bapak YUR alias Yohanes Umu Rera dengan optimis menegaskan harapan Komite Sekolah kepada Bapak Kadis P & K lebih fokus dalam memperhatikan para guru honor serta bantuan pengerjaan gedung sekolah yang dinilai kurang memadai dalam kegiatan belajar mengajar .

Hal serupa juga disampaikan salah seorang Guru lewat dialog yang dipandu oleh plt Kepala Sekolah Abraham Ola,S.Pd . Menjawab pertanyaan atas situasi dan kondisi SMAN l Adonara terasa Swasta dengan keadaan fisik sekolah jauh dari predikat ‘Cukup’ berkekurangan ini Kadis P & K mengilustrasikan bahwa “Dengan menanam 1000 pohon kelapa maka saya akan mengakomodir 3 tenaga guru komite akan di tanggung oleh Provinsi NTT, serta dengan bersinergi bersama pemuka masyarakat Koli Masang bergandengan tangan dengan sekertaris Daerah Kabupaten Flores Timur maka wajah SMAN l Adonara bakal berubah dengan cara target sekolah dari sekolah ini, sekaligus akan menghasilkan suasana sekolah kembali sejatinya sebagai ‘Sekolah Negri suatu hari nanti”, beber pak Kadis .

Kembali disampaikan bahwa “Terkait dengan Tenaga Guru Negri adalah kewenangan bapak Gubernur berdasarkan nama yang disampaikan dari Dinas P & K dan akan diperjuangkan oleh saya sebagai kepala dinas”,terangnya. Tatap muka terbatas seperti yang disaksikan tim media tren24reportase.com menyempatkan wawancara singkat dengan bapak Kadis P & K Provinsi Nusa Tenggara Timur tentang adanya Dugaan penyelewengan dana APBN pada bangunan terdahulu, pak Kadis menegaskan bahwa hal itu adalah kewenangan dari Pemda Flotim sebagai Pemerintah di Daerah untuk melakukan monitoring dan pemprov tidak interfensi karena Pemda Flotim punya otoritas terhadap permasalahan ditingkat kabupaten dan kami hanya mengarahkan kebutuhan anak sekolah kepada pak Gubernur hingga alokasih APBN yang diperuntukan untuk sekolah sekolah menengah harus kita bangun secepatnya karena sudah dialokasihkan”,tandasnya . Bernard Nara

About Post Author