4 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Dukcapil MBD Lakukan Pelayanan Dokumen Kependudukan Langsung Ke Masyarakat

Spread the love


Maluku Barat Daya | Tren24reportase.com

Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku Lewat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan kegiatan layanan kependudukan dari Desa ke Desa. Kegiatan tersebut terpantau oleh wartawan media tren24reportase di salah satu Desa di Kecamatan PP Babar, tepatnya di Desa Yaltubung.


Kepala seksi perkawinan dan perceraian Dukcapil MBD,Viktor J.Tiwery.SH. ketika di Temui wartawan media tren24reportase dalam kegiatan pelayanan pencatatan Dokumen kependudukan di Desa Yaltubung, Minggu 7 November 2021 Bung Viktor menjelaskan bahwa ini adalah sebuah kegiatan Dukcapil MBD untuk melayani langsung masyarakat terkait dokumen kependudukan, karena dokumen kependudukan begitu penting bagi setiap warga Negara, tapi mengingat MBD yang merupakan daerah kepulauan, dan perekonomian masyarakat maka Dinas kependudukan dan pencatatan sipil MBD terjun langsung melayani kebutuhan masyarakat tersebut.


Viktor menjelaskan juga bahwa kegiatan kali ini di titik beratkan pada pendataan anak berusia 0 sampai usia 16 tahun, untuk mendapatkan kartu identitas Anak (KIA). karena mengingat selama ini banyak anak yang belum memiliki identitas. Viktor J.Tiwery.S.H dan dua Anak buahnya, Mezak Pentury Dan Yongki Chrtian akan bekerja malam ini mendata semua masyarakat yang belum memilki dokumen kependudukan sampai tuntas, dan rencana besok akan bertolak ke Desa Manuwui.


Salah satu anggota masyarakat Desa Yaltubung Ibu Mery Leunupun sangat mengapresiasi kegiatan tersebut menurutnya, Pemerintah daerah sudah sangat membantu meringankan beban masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan, karena kalau ke kabupaten memang untuk urus surat gratis tapi biaya perjalanan yang lebih besar.Ia sangat senang dengan adanya kegiatan ini ungkapnya.


Hal senada juga di sampaikan Kepala Desa Yaltubung Hans Rumahlewang, Kepala Desa menjelaskan bahwa ada banyak warganya yang sudah menikah tapi belum punya akte nika semoga dengan kegiatan ini semua sudah bisa terjawab.
Kades menyampaikan terimakasih kepada Bupati Maluku Barat Daya karena salah satu visi misi Bupati Maluku Barat Daya adalah melayani masyarakat Secara langsung, istilahnya turun jemput bola.(Eki)