2 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Wow..!!!Tambang Ilegal di Parit 6 Pangkal Pinang Merasa Kebal Hukum

Spread the love

Pangkal Pinang | Tren24reportase.com-Penambangan timah ilegal di Provinsi Bangka Belitung (BaBel) saat ini sudah menggila, karena mereka tidak peduli dengan kawasan apa yang dikerjakan.

Salah satu hasil pantauan Tren24reportase.com, diduga lahan milik Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkal Pinang dijarah oleh penambang ilegal, tepatnya di Parit 6 Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang. Rabu (3/11/21) siang.

Di lokasi, terpantau jelas adanya tambang inkonvensional (TI) ilegal. Terlihat juga ada alat yang stand by untuk manambang secara manual yang tergeletak di tempat penambangan, karena para pekerja sedang istirahat makan siang.

Diketahui dari salah satu pekerja tambang yang enggan disebutkan namanya, bahwa lahan yang mereka kerjakan adalah salah satu aset milik Pemkot Pangkal Pinang dan pemilik tambang bernama HF.

“Setahu kami, lahan ini milik Pemerintah Kota Pangkal Pinang Pak dan pelaku/pemilik tambang HF”, jelasnya saat diwawancara.

Tim media Tren24reportase.com sudah mengkonfirmasi kepada Walikota dan pihak Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kota Pangkal Pinang via Telephone dan Whats App (WA). Namun, tak ada tanggapan hingga berita ini diterbitkan.

Berdasarkan Peraturan Daerah Pemerintah Kota Pangkal Pinang nomor 07 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat.

Sangat jelas, Perda tersebut menyebutkan setiap orang atau badan dilarang melakukan penggalian atau pengerukan terhadap tanah, sungai atau aliran sungai, atau tempat lain untuk mendapatkan suatu manfaat atau keuntungan yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan tanpa izin Wali Kota atau Pejabat yang ditunjuk.(Tim)