4 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Pasang Rob Melanda 2 Kecamatan Di Medan Utara, Apakah Ulah Manusia Atau Alam Mulai Murka?

Spread the love

Medan Belawan | Tren24reportase.com – Masyarakat se-Kecamatan Medan Belawan dan masyarakat di sejumlah Kelurahan Kecamatan Medan Marelan kota Medan Provinsi Sumatera Utara kembali dihantui rasa cemas yang berkepanjangan. Akibat tingginya air pasang laut yang serang pemukiman masyarakat membuat tidur warga tidak nyenyak. Penyebabnya apakah ulah tamaknya manusia, atau alam mulai murka. Jum’at dini hari (05/11/2021).

Pasang Rob (Air laut naik ke darat-red) yang terparah dialami di setiap Kelurahan se-Kecamatan Medan Belawan (Daerah pinggiran pantai perairan Belawan-red). Selain itu, tingginya air laut yang naik ke daratan juga makin parah di Kelurahan Labuhan Deli dan Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan. Rumah warga yang selama ini tidak pernah disentuh air pasang Rob, kini digenagi hingga mencapai kaki betis orang dewasa.

Di sisi lain, penimbunan pembangunan penumpukan peti kemas atau gudang-gudang truk di kawasan paluh-paluh dan pinggiran perairan Belawan daerah Kecamatan Medan Belawan terus berkembang.

Masyarakat Kecamatan Medan Belawan kota Madya Medan Provinsi Sumatera Utara berulang kali gelar aksi damai sebagai bentuk desakan terhadap Pemerintah untuk segera atasi pasang Rob yang meresahkan masyarakat. Namun aksi masyarakat itu sepertinya dianggap angin lalu.

Selain menghambat aktivitas dan merusak pasilitas umum, tingginya pasang Rob yang serang daratan di 2 Kecamatan di Medan Utara itu merusak barang-barang dan usaha kolam ikan alam warga. (Man).