10 Agustus 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Proyek Pembangunan Penahan Tembok Jalan Tanpa Papan Informasi

Spread the love

Karawang | Tren24reportase.com-Sejumlah warga Kerti Jaya kelurahan Tanjung Mekar Keca­matan Karawang barat mempertanyakan ada­nya pelaksanaan pembangunan proyek Pembangunan tembok penahan tebing jalan tanpa memasang papan anggaran pembangunan yang sedang dikerjakan oleh kontraktor. Warga mempertanyakan sumber ang­garan proyek pembangunan tembok penahan tebing jalan tersebut, November 2/11/2021

Warga sekitar menutur­kan bahwa ada proyek pembangunan tembok penahan tebing jalan yang tidak diketahui sumber dananya dan apa nama pekerjaan ter­sebut hal itu justru menjadi pertany­aan sejumlah warga sekita, proyek pembangunan yang dibiayai oleh uang rakyat ini seharusnya memasang papan informasi anggaran, agar masy­arakat bisa mengetahui nilai kontrak dan jenis pekerjaannya. Kontraktor berkewajiban memasang plang papan anggaran proyek agar masyarakat bisa mengawasi pembangunannya.

Pemerintah sudah mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibi­ayai Negara wajib memasang papan nama proyek, selain itu pe­masangan papan nama kegiatan proy­ek itu tujuannya untuk diketahui oleh masyarakat terkait jenis kegiatan, pengerjaan lokasi proyek, nomor kon­trak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak serta jangka waktu atau lama pengerjaan proyek.

Dengan adanya plang papan nama proyek itu masyarakat dapat menga­wasi secara langsung pengerjaan proy­ek yang ada di wilayah kabupaten Karawang, sementara itu pihak pengawasan dilokasi pun tidak ada, setiap proyek yang mempergunakan keuangan Negara dalam mengerjakan sebuah pembangunan harus transparan, dan harus mematuhi aturan aturan yang sudah ditentukan pemerintah khusus­nya di wilayah Kabupaten Karawang.

Se­perti memasang papan kegiatan agar masyarakat dapat mengetahui dan mengawasinya, kalau tidak ada papan kegiatan atau plang nama sama saja dengan proyek siluman, untuk itu kami minta agar pihak Dinas PUPR untuk melakukan kroscek dan melakukan pengawasan terkait hal tersebut.(AGUS)

About Post Author