4 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Kunjungan Pimred Tren24reportase.com di Babel “Memberikan Kesan Sangat Bermanfaat”

Spread the love

Pangkal Pinang, Tren24reportase.com – Pimpinan Redaksi (Pimred) media online Tren24reportase.com (Media Group Reportase Nasional), Bintang mengunjungi perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (BaBel), guna memberikan bimbingan sekaligus memotivasi rekan-rekan wartawan yang sudah tergabung dalam group Reportase Nasional, Sabtu, 31/10/21 pukul 19.30wib.

Melihat kondisi saat ini, banyak yang kurang memahami Undang-undang Pers dan kode etik jurnalistik (KEJ). Maka dalam beberapa hari di Babel, Bintang Jaya Butarbutar memberikan arahan kepada seluruh wartawan tren24reportase.com Babel, bagaimana menjadi wartawan yang profesional dari segi peliputan serta penulisan sesuai dengan KEJ yang memenuhi unsur 5W+1H.

Saat dialog dengan Pimred, Aan Permadi selaku Kepala Perwakilan tren24reportase Babel mengungkapkan, prihal kondisi wartawan saat melakukan peliputan di tambang ilegal, sering kali berbenturan dengan aparat hukum. Sabtu, 31/10/21 malam hari.

“Sangat sering kita jumpa dengan aparat penegak hukum di lokasi tambang ilegal, bagaimana cara menyikapinya?”, tanya Dimas.

Dengan lugasnya dijawab oleh Pimred (Bintang), “Tinggal wawancara dan terbitkan dalam berita berdasarkan fakta di lapangan”, tegasnya.

Dalam penerbitan suatu berita, harus berdasarkan data yang akurat hasil investigasi dan wawancara.

Apabila semua itu sudah terpenuhi, maka masuk dalam kategori berita berdasarkan Undang-undang nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers dan KEJ, harus diingat 5W+1H sebagai pedoman dalam penulisan berita. jelasnya lagi.

Dalam kesempatan itu juga, Bintang menyampaikan bahwa Media group Reportase Nasional sudah tergabung dalam organisasi kewartawanan yaitu Gabungnya Wartawan Indonesia (GWI), bahkan dirinya salah satu pengurus di Dewan Pimpinan Pusat GWI di Jakarta.

Mendengar hal tersebut, rekan-rekan wartawan langsung berkompromi untuk membentuk kepengurusan GWI di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Secepat mungkin kita akan ajak teman-teman wartawan dari media lain untuk ikut bergabung dalam organisasi GWI”, ucap Aan.

Aan Permadi sangat terkesan atas bimbingan dan pencerahan dari Pimred Tren24reportase.com (Media Group Reportase Nasional). “Terima kasih banyak Pak Pimred sudah mengunjungi dan memberikan bimbingan serta arahan kepada kami semua”, ungkapnya. (Hendro)