18 Agustus 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Dukung Pengamanan Perbatasan NKRI-Papua, Pasukan Bertolak Dengan Kapal Perang Banjarmasin-592 Lantamal I

Spread the love

Belawan | Tren24reportase.com – Kapal Perang Republik Indonesia KRI Banjarmasin-592 Embarkasi membawa Pasukan Batalyon Infantri 126/KC dalam rangka mendukung pengamanan perbatasan NKRI-Papua Nugini bertolak dari Lantamal I Belawan di dermaga Pelindo I Bandar Deli Belawan Sumatera Utara. Sabtu (30/10/21).

Kapal Perang yang berjenis Landing Platfrom Dock (LPD) yang merupakan karya anak bangsa di galangan PT. PAL Surabaya tahun 2011 itu masuk memperkuat jajaran TNI AL. Kapal tersebut dirancang sebagai kapal pendukung operasi amfibi, yang memiliki kemampuan mengangkut pasukan pendarat berikut kendaraan tempur beserta kelengkapanya.Kapal itu juga mampu mengangkut 5 buah helikopter, 3 geladak heli, 2 di hanggar.

Selain sebagai kapal tempur, kapal yang berteknologi desain semi siluman ini juga berfungsi untuk operasi kemanusiaan serta penanggulangan bencana alam dengan Displasment Panjang: 125 m, Kecepatan:15 knot, Awak Kapal:500 orang dan Persenjataan Cannon 57 mm dan Cannon 40 mm.

Kapal tersebut tolak dari Belawan membawa 450 personel pasukan tempur infantri yang berasal dari Batalyon Infantri 126/Kala Cakti yang merupakan pasukan dibawah kendali Korem 022/Pantai Timur Kodam I Bukit Barisan yang akan melaksanakan operasi pengamanan perbatasan RI-PNG.

“Komandan Lantamal I Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono beserta Staf sehari sebelumnya meninjau langsung kesiapan KRI Banjarmasin yang turut didampingi Letkol Laut (P) Bambang Purnomo SH, M.Tr.Opsla NRP. 15398/P saat ini menjabat sebagai Komandan KRI Banjarmasin-592, pelayaran rencana akan ditempuh menuju Papua selama 8 hari”, jelas Kadispen Lantamal I.

Proses embarkasi Pasukan Yonif 126/KC beserta seluruh peralatan dan peralatan tempur sebelum on board diatas KRI-Banjarmasin-592 dilaksanakan dengan protokoler Kesehatan ketat guna memutus mata rantai penularan Covid-18 selama pelayaran sehingga Kesehatan seluruh personel KRI dan pasukan satgas menuju daerah tugas dapat terjaga dengan aman.(Man).

About Post Author