10 Agustus 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Bintang : Perwakilan Tren24reportase Di Kep. Babel Harus Tampil Beda Dalam Menjalankan Tugas

Spread the love

Pangkal Pinang, Tren24repotase.com – Pimpinan Redaksi (Pimred) media online Tren24reportase.com, Bintang Jaya Butarbutar mengunjungi Para jurnalis yang tergabung dalam media online Tren24reportase.com (Reportase Nasional group) Perwakilan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (31/10/21), guna memberikan bimbingan dan pengesahan sekaligus memberikan motivasi terhadap wartawan yang sudah tergabung dalam Media Group Reportase Nasional.

Melihat kondisi saat ini, banyak wartawan yang kurang memahami struktur dan memahami Kode Etik Jurnalistik (KEJ). Maka dalam beberapa hari di Babel, Bintang memberikan arahan kepada seluruh biro supaya menjadi wartawan yang profesional dari segi peliputan dan penulisan sesuai dengan KEJ.

Saat dialog dengan Pimred, Aan permadi selaku Kepala Perwakilan tren24reportase.com di Babel mengungkapkan, prihal kondisi wartawan saat melakukan peliputan di lapangan ketika investigasi, khususnya menemukan tambang ilegal karena sering berbenturan dengan aparat.

“Sering kita temui dengan aparat penegak hukum di lokasi tambang ilegal, bagaimana cara menyikapinya?”, tanya Aan.

Dengan lugasnya langsung dijawab pimred(Bintang) “Tinggal wawancara dan terbitkan dalam berita berdasarkan fakta di lapangan”, tegasnya.

Dalam penerbitan suatu berita harus berdasarkan data yang akurat hasil investigasi dan wawancara. Apabila semua itu sudah terpenuhi, maka dikategorikan dalam berita berdasarkan Undang-undang Pers nomor 40 Tahun 1999 dan KEJ, jelasnya lagi.

Bintang, selaku Pimpinan Redaksi Media online tren24reportase.com mengatakan secara keterbukaan bersama tim ke Organisasian kewartawanan yaitu Gabungnya Wartawan Indonesia (GWI) salah satu organisasi kewartawanan yang berkantor pusat di Jakarta.

Untuk GWI didaerah provinsi Kepulauan Bangka Belitung kita serahkan kepada saudara suhendro selaku ketua GWI Bendahara sekretaris dan perlindungan Sudah terbentuk tinggal keputusannya pimred ungkap suhendro Salam satu pena Sahabat Jurnalis yang berbahagia.

Sahabat jurnalis, Apa kabar semua..?semoga Tuhan senantiasa memberikan kesehatan untuk kita semua.

Sahabat jurnalis di manapun berada, saatnya kita cerdas sebagai anak bangsa, untuk meraih kesuksesan dalam berkarya.GWI adalah yang di sebut dengan Gabungan Wartawan Indonesia atau GWI, merupakan salah satu organisasi profesi wartawan.

Sekedar ingin tau apa itu GWI, mari kita simak Tentang GWI. GWI, merupakan sebuah wadah yang menjaga kebebasan pers, meningkatkan profesionalisme,dan kesejahteraan wartawan.

GWI,salah satu organisasi profesi wartawan, mengacu dasar hukum undang-undang no 40. Tahun 1999 yang bersifat independen.

Sahabat GWI,dan para jurnalis yang terhormat. Menjadi seorang wartawan tidak lah mudah, untuk mampu beradaptasi di dunia jurnalistik, tentu bagi seorang wartawan yang ingin menjadi penulis handal di lapangan tidak lah mudah, ada beberapa hal yang seringkali kita temukan di lapangan, baik waktu meliput berita ataupun mencari sumber-sumber berita.

Belum lagi terjadinya sebuah tekanan mental yang terjadi kepada para awak media yang terkait dalam pemberitaan.

Dalam hal ini GWI merupakan organisasi profesi menekankan kepada jurnalis, agar profesional dalam melaksanakan tugas di lapangan.

Dan organisasi itulah yang akan memberikan rambu-rambu.Karena kalo tidak mengikuti organisasi jurnalis, tentu akan rawan jadi seorang wartawan atau jurnalis yang tidak profesional.

Saat ini sahabat jurnalis, Masih banyak di temui jurnalis yang melanggar kode etik jurnalistik karena minimnya kesadaran untuk bergabung di organisasi profesi.

Fungsi organisasi profesi wartawan ini, salah satunya untuk menghindari lahirnya seorang jurnalis yang tidak paham akan kode etik, dan organisasi jurnalis juga menjadi tempat berlindung ketika seseorang jurnalis berhadapan dengan sengketa maupun masalah dengan ketenagakerjaan, dalam hal ini organisasi akan memberikan advokasi dan bantuan hukum, ungkap Pimred Tren24reportase.com (Aan/Endro)

About Post Author