10 Agustus 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

BPD Desa Balaweling Bersikeras Menolak DPT Dadakan Dari Panitia Pilkades

Spread the love

Adonara, Tren24reportase.com – Pemilihan Kepala Desa serentak pada tanggal 16 oktober 2021 untuk 118 Desa seKabupaten Flores Timur diwarnai dengan Perilaku Pilkades kurang terpuji seperti yang terjadi di Desa Balaweling Kecamatan Witihama .

Keterangan Ketua BPD Balaweling Adam Beda Samon bahwa tertukarnya DPT yang dikondisikan oleh Panitia ini disadari pada saat pencoblosan sedang terjadi ada beberapa nama yang sesungguhnya tidak ada dalam daftar pemutakhiran namun pada saat pencoblosan ternyata muncul juga untuk melakukan pencoblosan .

“Kami kurang gesit untuk melakukan cross cek terhadap DPT yang ditempelkan oleh Panpilkades saat itu namun usai pencoblosan baru kami sadar bahwa ternyata DPT dadakan itu telah diamankan kembali oleh panitia”, pernyataan ketua BPD kepada media tren24reportase.com kemarin . Dari warga masyarakat Desa Balaweling yang namanya tidak mau dilansir mengatakan bahwa Panpilkades telah mengakui bahwa DPT yang Sah dari Kantor camat Witihama yang telah ditandatangani para saksi ternyata diganti di Balai Desa dengan DPT lainnya dan menirukan tandatangan para saksi .

Terhadap masalah yang terjadi secara Massive oleh Panpilkades ini diduga kuat kerjasama para pihak untuk memuluskan calon tertentu . Menurut Ketua BPD periode 2021-2027 ini akan memanggil Panitia juga Kepala Desa guna menjelaskan DPT Siluman ini agar seluruh Masyarakat Balaweling dapat memahaminya dengan baik, dan juga menyangkut Marwah Desa Balaweling Tidak dipermainkan oleh sekelompok orang yang namanya Panitia Pemilihan Kepala Desa ini ” ketus Adam .

Sesuai regulasinya proses pilkades terhitung tanggal 16 oktober 2021 – 23 oktober 2021 adalah jadwal Penyerahan hasil kerja panpilkades kepada BPD namun situasi saat kini sangat meresahkan hingga apapun keputusan Panpilkades tingkat Kabupaten toh BPD akan mengambil sikap dan meminta Panpilkades Balaweling bersama pemerintahan Desa sesegera mungkin melakukan klarifikasi DPT siluman tadi . Mengingat dateline waktu tinggal besok namun BPD memastikan kegiatannya dapat berjalan pada jam kerja kantor pagi di Kantor Desa Balaweling. (Bernard)

About Post Author