7 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

FABB Desak Pemda Sumut Atasi Pasang ROB Yang Serang Belawan

Spread the love

Medan Belawan | Tren24reportase.com – Ratusan masyarakat yang bergabung dalam Forum Anak Belawan Bersatu (FABB) desak Pemerintah Daerah (Pemda) jajaran Sumatera Utara atasi pasang Rob (Air laut naik ke daratan-red) yang serang pemukiman masyarakat di Belawan dan daerah lainnya. Senin (18/10/2021) pagi.

Pantauan di lapangan, rombongan iring-iringan dengan puluhan Angkutan Kota (Angkot) itu bertolak dari simpang kampung Salam Kelurahan Belawan II Kecamatan Medan Belawan kita Madya Medan. Rencananya rombongan masyarakat tersebut menuju kantor Gubernur Suamatera Utara dan kantor Walikota Medan untuk menggelar aksi damai “bebaskan Belawan dari pasang Rob”.

Selain puluhan angkutan umum, masyarakat juga gunakan serta sepeda motor.Iring-iringan masyarakat Belawan itu mendapat pengawalan dari personil jajaran Polres Pelabuhan Belawan.

Sekedar diketahui, tinggi pasang Rob yang belakangan ini meluas ke pelosok Belawan dan sejumlah titik di Kecamatan Medan Marelan sangat meresahkan masyarakat. Selain menghambat aktivitas warga masyarakat, tingginya pasang Rob yang serang pemukiman warga tersebut merusak alat-alat perabotan rumah tangga.

Disebut-sebut ketinggian pasang Rob yang meresahkan itu disebabkan banyaknya penimbunan pinggiran pantai perairan Belawan dan penimbunan laut perairan Kuwala Belawan. Hingga kini tingginya pasang Rob yang serang pemukiman warga belum dapat diatasi. (Man).