7 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Di Medan dan Sekitarnya, Masih Ada Perusahaan Abaikan Seragam Satpam

Spread the love

Medan | tren24reportase.com – Di Medan dan sekitarnya, Peraturan Kepala Kepolisian Nomor : 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa yang diundangkan 5 Agustus 2020 lalu hingga kini belum berjalan sepenuhnya, seperti penggantian seragam Satpam atau Security, masih ada perusahaan yang berani abaikan Peraturan Kepala Kepolisian tersebut. LSM Bersatu Anak Negeri Indonesia harapkan jajaran Polda Sumatera Utara berikan teguran kepada perusahaan yang membandal. Senin (18/10/2021) pukul 08.15 Wib.

“Kita lihat di daerah Medan khususnya Kawasan Industri Modern (KIM) dan Belawan, masih kita temukan Security gunakan seragam lama (Putih biru, dan biru biru-red), ini artinya ada perusahaan yang bandal berani mengabaikan Peraturan Kepala Kepolisian Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pengamanan Swakarsa, khususnya soal seragam Security. Kita berharap jajaran Polda Sumatera Utara berikan himbauan kepada pihak perusahaan di wilayah Sumatera Utara untuk mengganti seragam Security sesuai Peraturan Kepala Kepolisian tersebut”, harap Bidang Humas LSM Bersatu Anak Negeri Indonesia, Fauzi.

Sebelumnya Ketua Umum DPP Asosiasi Profesi Satpam (APSI) Azis Said mengungkapkan Satpam di Indonesia sudah diperkenankan untuk menggunakan seragam baru. Namun hal itu diberikan kewenangannya pada masing-masing perusahaan jasa satpam.

Kebijakan tersebut merupakan salah satu upaya pembaharuan yang tengah dicanangkan dalam rangka memuliakan profesi satpam.

Penggantian seragam tersebut, memang sudah menjadi kebijakan berkala perusahaan, maksimal satu tahun sekali penggantiannya. Biasanya untuk penggantian menggunakan baju putih celana biru. Tapi karena ada seragam baru yakni coklat muda dan coklat tua mirip polisi, maka penggantian seragam pun dilakukan dengan seragam baru.

“Jadi penggantiannya tidak sporadis, makanya diberi jangka waktu satu tahun, sampai Agustus 2021 (Paling lambat-red),” jelas Azis Said seperti yang dilansir sejumlah media usai pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APSI di Hotel Harris Jalan Peta, Bandung, Senin 2 November 2020 yang lalu. (Man)