18 Mei 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

10 Desa Melakukan Pilkades Serentak Di Kecamatan Witihama

Spread the love

Tren24reportase.com| Flores Timur Adonara-Pilkades serentak di 118 Desa Sekabupaten Flores Timur yang juga terjadi di Kecamatan Witihama pada Sabtu,16 oktober 2021 berjalan lancar serta aman terkendali.Berangkat dari Desa Oringbele, Rahman Rasyid S . Ola dengan 344 suara perolehan mengungguli pesaing beratnya Mustafa Miak Hala dengan 336 suara berpaut 8 suara menghantar Rasyid S . Ola memenangkan kompetisi demokrasi Desa Oringbele, sedangkan kompetitor lainnya seperti Hendrikus Horan Nara alias Hendro terpaksa puas dengan 224 suara perolehannya dari total DPT 983 pemilih.

Berikut Desa Lamabelawa, Siprianus Sili Boli begitu signifikan perolehannya pada angka 217 suara menyisahkan pesaingnya tiga orang yang lainnya meski puas dengan kisaran 135,139 dan 136 suara saja dari jumlah DPT 776 dan warga yang tidak menggunakan hak pilihnya berjumlah 144 warga golput terbanyak dibanding sembilan Desa lainnya, sedangkan Desa Weranggere kembali ‘Petahana’ ldris Ola Wuan menggondol suara terbanyak yaitu 225 suara menyisahkan suara perolehan dibawa angkah puluhan saja yang terbagi di tiga calon wajah baru lainnya.

Kita masuk ke Desa Lewopulo muncul figur baru dari kalangan anak muda Ahmad Bali Ola berani tampil dan mampu menggeser petahana Amir Duli Belen terpaksa puas dengan 188 suara dan harus legowoh mengakui keunggulan lawannya Ahmad Bali Ola dengan meraup suara sebanyak 258 suara dari DPT 518 pemilih dengan warga yang tidak memberikan hak suaranya ada 33 hingga berpengaruh pada surat suara sah hanya terhitung 485 ss .

Berpindah ke wilayah perbukitan yakni Desa Sandosi, terhadap tokoh masyarakatnya bapak Damianus Dore Suan menyampaikan harapannya terhadap keempat calon di desa Sandosi ini bahwa siapapun terpilih nanti adalah putra terbaik Desa hingga masalah Air minum sesegera dikerjakan dengan segera karena kebutuhan vital serta berharap dapat menjamin kenyamanan kehidupan masyarakat Sandosi ke depan dengan berkaca pada peristiwa berdarah tahun lalu .

Siapapun yang terpilih nanti dari keempat calon ini agar dapat mengatasi trauma masyarakat dengan berkaca pada konflik berdarah tahun lalu hingga warga dapat hidup dengan nyaman dan sejahtera”,terangnya.Hal senada juga disampaikan Tuan Tanah Lewoengat Yohanes Beda Sara bagwa ” Saya menyampaikan Harapan masyarakat kepada calon terpilih nanti adalah hasil pilihan masyarakat Sandosi hingga calon yang terpilih nanti dapat memperhatikan kesejahteraan warga masyarakat secara keseluruhan”,tandas Beda Sara .

Yonas Kai Rawa dari pensiunan pada Dinas perkebunan Kabupaten Flores Timur beberapa tahun lalu, kini terpilih jadi Kepala Desa Sandosi periode 2021-2027 ternyata masih mengukir sejumlah prestasi di hati masyarakat sandosi dengan bukti perolehan 370 suara, dengan dibayang-bayangi oleh Barnabas Boro Doni dengan 255 suara hingga melampaui perolehan suara Petahana Beatus Beda Nama harus puas pada 191 suara saja dari DPT 838 hingga menyisahkan Alex Lamawato harus mengamini 22 suara perolehannya .

Beringsut ke Desa Tobitika Salomon Boli Kelin unggul dengan 220 suara mengalahkan Benediktus Sabon Hunu bertengger pada 125 suara saja dari DPT 363 pemilih namun hanya 348 pemilih yang hadir ke TPS sedangkan 15 warga pemilih dinyatakan golput serta 3 terbakar . Melintasi bukit Desa Balaweling calon nomor urut 1 Stanislaus Tupen Rara alias Beda Samon(BS) dengan jiwa besar mengakui keunggulan kompetitornya Drs . Martinus Paron Belelen dengan perolehan masing masing Stanislaus Tupen Rara alias Beda Samon mengumpulkan 156 suara sementara Drs. Martinus Paron Belelen mendulang 164 suara dari total suara sah 320 dengan DPT 477 sedangkan ada 412 pemilih yang menggunakan hak pilih mereka dan 65 tidak gunakan hak pilih mereka .

Desa Watololong Gaspar Ratu Kian meraih 125 suara melumpuhkan suara Urbanus Boro Bebe cukup dengan 107 suara dengan Mikhael Bao Ama 58 suara dari total DPT 328 walau pada akhirnya hanya 291 pemilih dan 37 golput .Menuju ke Desa Waiwuring, Muhamad Muktar alias Amboro yang harus memenangkan pertarungan Demokrasi keluarganya sendiri dalam ajang pilkades Waiwuring, terhadap Muhamad Jabir yang hanya mengumpulkan 74 suara saja sedangkan Amboro mendulang 182 suara dari total DPT 258 pemilih. Demikian halnya Desa Riangduli Petahana Silvinus Lego merelakan kesempatan LKPJnya diinterupsi demi kepentingan politik ‘noli meta ngere’ Terhadap situasi panas saat itu, demikian kisah ama lego kepada wartawan tren24reportase.com disela-sela proses pemilihan sedang berlangsung di TPS sebaun Riangduli pada sabtu 16 oktober 2021 . Dengan tidak bermaksud melukai perasaan pendukungnya Silvinus memberikan ruang dan waktu kepada para kompetitor baru untuk berkompetisi bagi ketiga putra terbaik desa Riangduli yakni Larensius Usen Ehak 135 suara, Bahrun Pata Duli 124 suara dan urut ke 3 Kalis Kopong Sani 110 suara. Ketiga kompetitor ini merebut 370 pemilih dari 381 Daftar Pemilih Tetap . 11 yang lain dinyatakan golput oleh Panpilkades Gabriel Gawe Lela .(Bernard)