10 Agustus 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Kalimantan Barat Akan Segera Hujan Lagi, Waspadai Potensi Banjir Di Kab.Sintang, Kab. Kapuas Hulu Dan Kab.Melawi

Spread the love



Pontianak | Tren24reportase.com-Saat ini wilayah Kalimantan Barat masih dominan panas, tercatat suhu udara maksimum di Kota Pontianak dan sekitarnya mencapai 35.0ºC. Hari tanpa hujan berturut-turut tercatat terpanjang terjadi di Kabupaten Mempawah yaitu 10 hari tanpa hujan. Masih terdapat titik panas di beberapa wilayah Kalbar. Kondisi ini dipicu oleh dampak tidak langsung adanya dua siklon di Utara, yaitu Tropical Storm “KOMPASU” di sekitar Laut China Selatan yang diprakirakan akan segera punah karena akan menuju wilayah daratan sekitar Hongkong dan juga Tropical Storm “NAMTHEUN” di Samudra Pasifik sebelah timur Philipina.

Diprakirakan hujan sedang – lebat akan mulai terjadi di beberapa wilayah Kalbar mulai tanggal 14 Oktober 2021. Hujan lebat yang terjadi secara hampir merata di Kalbar diprakirakan terjadi tanggal 17 s.d 19 Oktober 2021. Kalimantan Barat bagian timur, yaitu Kab. Kapuas Hulu, Kab. Sintang, Kab. Melawi, Kab. Sekadau dan sekitarnya diprakirakan potensi terjadinya hujan lebat akan lebih sering mulai tanggal 14 Oktober 2021. Potensi hujan kategori sangat lebat hingga ekstrem diprakirakan terjadi pada tanggal 19 Oktober 2021 di sebagian Kab. Kapuas Hulu, Kab. Sintang dan Kab. Melawi, sehingga akan berpotensi terjadi genangan, banjir ataupun tanah longsor setidaknya mulai tanggal 17 Oktober 2021.

Potensi mudahnya terjadi kebakaran hutan dan lahan di kalbar diprakirakan masih berlangsung terjadi di beberapa wilayah Kalbar hingga tanggal 16 Oktober 2021. Mulai tanggal 17 Oktober 2021 diprakirakan mulai kategori Aman.

Pasang air laut di sekitar Kota Pontianak saat ini hingga tanggal 17 Oktober 2021 diprakirakan berada pada periode maksimum, terutama pada sekitar pukul 13.00 – 16.00 WIB. Diprakirakan potensi terjadi hujan lebat di sekitar Kota Pontianak masih rendah, sehingga diprakirakan potensi terjadi genangan di Kota Pontianak masih rendah.

Prospek cuaca berdasarkan perkembangan atmosfer mengindikasikan masih akan adanya potensi hujan lebat setelah tanggal 21 Oktober 2021, sehingga informasi ini selanjutnya akan dilakukan pembaruan kembali.(Supriyadi)

About Post Author