4 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Bersama MPR RI & LSM BPPI

Spread the love

Yogyakarta, Tren24reportase.com – Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) bekerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat Barisan Patriot Peduli Indonesia (LSM BPPI), hari ini, Sabtu (02/09/2021), bertempat di aula hotel Cakra Kembang Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan. Acara sosialisasi itu dihadiri oleh Anggota MPR RI yaitu Drs. Idham Samawi dan H. Nur Abadi yang adalah seorang Pendiri sekaligus Ketua Umum LSM BPPI dan diikuti oleh Imam Hardianto, SE “Ketua DPW DIY” serta Riris selaku Ketua DPW Jawa Tengah dan diikuti oleh sebagian anggota LSM BPPI.

Photo : H. Nur Abadi (Ketua Umum / Pendiri LSM BPPI) & Drs. Idham Samawi (Anggota DPR / MPR RI)

Ketua Umum LSM BPPI dalam sambutan pembukaannya mengatakan bahwa LSM BPPI menyambut baik penyelenggaraan sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan ini. Menurut H. Nur Abadi, sosialisasi ini sangat penting untuk dipahami dan dimengerti secara benar oleh seluruh warga negara Republik Indonesia pada umumnya, bagi anggota LSM BPPI khususnya, sebagai ujung tombak menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada diri sendiri dan secara luas kepada masyarakat disekitarnya.

Dalam kesempatan itu, anggota DPR/MPR RI, H. Drs. Idham Samawi, menjadi narasumber pada sosialisasi yang mengangkat tema ” Pemahaman Tentang Berbangsa Dan Bernegara, Pancasila, UUD 1945 Dan Bhineka Tunggal Ika”. Adapun Pancasila adalah Sebagai Dasar dan Ideologi Negara UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Sebagai Konstitusi Negara Serta Ketetapan MPR Negara Kesatuan Republik Indonesia Sebagai Bentuk Negara Bhinneka Tunggal Ika Sebagai Semboyan Negara.

“Empat pilar kebangsaan memberikan pembelajaran lebih mengenai Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, guna meningkatkan kesadaran kita tentang kehidupan berbangsa dan bernegara bersama masyarakat. Gotong royong, toleransi, kerukunan dan hidup berdampingan merupakan nilai-nilai yang sejalan dengan Empat Pilar Kebangsaan,” dan apa lagi LSM BPPI adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat menjunjung tinggi nilai-nilai pluralisme yang ada di NKRI ini, ungkap H. Nur Abadi.

Dengan mengikuti sosialisasi empat pilar kebangsaan ini, Ketua Umum LSM BPPI H. Nur Abadi berharap, peserta dapat memahami dan mengerti apa yang disampaikan. Sehingga mampu pula menjelaskan dan menanamkam Empat Pilar Kebangsaan ini sejak dini. Minimal di lingkungan terdekat dalam kehidupan sehari-hari, guna menanamkan wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air yang menjadi modal dasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

Sementara itu, anggota MPR-RI, Idham Samawi dalam paparannya menjelaskan tentang krusialnya Empat Pilar Kebangsaan sebagai bagian terpenting dari NKRI, mengaitkannya dengan berbagai persoalan bangsa dan tantangan ke depan.

“Pancasila sudah menjadi keyakinan bangsa Indonesia sebagai dasar negara dan memayungi UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. Maka, Empat Pilar Kebangsaan akan menjadi nilai dan kekuatan bangsa yang tak akan terpisahkan oleh gelombang zaman,” ucap anggota DPR/MPR RI dari Fraksi PDI-P daerah pemilihan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, yang juga adalah putra Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekaligus mantan Bupati Bantul selama 2 periode tersebut.

Sebab, lanjutnya, Empat Pilar Kebangsaan sangat lentur dengan berbagai tuntutan dan tantangan perubahan. Oleh karena itu Ia berpesan, kepada generasi muda lah Empat Pilar kebangsaan ini dititipkan. “Maka rawat dan jagalah semuanya sebagaimana kami juga telah mengawalnya dengan berbagai benturan kepentingan yang makin dahsyat,” ungkap Idham Samawi.

Idham mengatakan lebih lanjut, dengan integritas dan komitmen bersama Empat Pilar Kebangsaan tersebut akan semakin kokoh, semakin mewarnai keberlanjutan dan dinamika kebangsaan ke depan. “Empat Pilar Kebangsaan ini harus ditanamkan dalam pikiran dan perbuatan agar setiap kita menjadi manusia yang berkontribusi positif bagi masyarakat, bangsa dan negara,” pungkasnya. (Bintang)