18 Agustus 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Kunjungan Sekdes Muktiwari ke Warga Di Perumahan Abdinegara Resident

Spread the love

Kab. Bekasi, Tren24reportase.com – Sekretaris Desa (Sekdes) Muktiwari Kec.Cibitung di dampingi Kadus RT dan RW Desa Mukti wari kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi berkunjung ke Perumahan Abdi Negara Resident, 28/9/21.

Dalam Agenda kunjungan tersebut yaitu membahas tentang rencana pengelolaan Limbah Sampah dan lain-lain. Dalam pertemuan itu Sekdes dan yang lain mengungkapkan tentang pernahkah terpikir oleh kita jika kita mengumpulkan sampah dari limbah rumah tangga kita sendiri sejak dulu, sudah berapa tinggi kah gunung yang dibuat oleh sampah tersebut ?

Pernahkah kita menghitung rata-rata kita membuang sampah dalam sebulannya, mungkin hampir tidak pernah, namun bukan berarti sampah menjadi hal sepele, karena jika masing-masing rumah tangga menghasilkan satu kantong sampah saja tiap harinya bayangkan berapa ton sampah yang ada tiap harinya untuk di buang dan bagaimana pengelolaannya.

Banyaknya limbah atau sampah hal ini mengakibatkan munculnya kerusakan lingkungan yang akan membawa dampak buruk lain pada kehidupan di masyarakat. Bila limbah dibuang langsung ke sungai, air sungai akan tercemar oleh zat kimia dan berbagai bakteri berbahaya yang akan menyebar lebih luas. Dengan begitu air sungai tidak lagi bisa dimanfaatkan sebagai sumber air bersih, begitupun juga bila limbah kalau kita tidak bisa mengelola dengan benar akan menumpuk seiring berjalannya waktu.

Berbagai dampak yang dihasilkan dari proses pembuangan limbah rumah tangga ke alam bebas, antara lain, seperti limbah cuci mengandung bahan kimia deterjen yang dapat mempengaruhi tingkat keasaman/pH tanah. Limbah dengan kandungan bahan kimia yang dibuang ke sungai maupun ke darat dapat mematikan tumbuhan dan hewan tertentu yang hidup di sungai dan didarat, Keadaan ini dapat merusak lingkungan secara keseluruhan dalam waktu yang berkelanjutan.

Seperti halnya limbah padat, air limbah yang tidak diolah dapat menimbulkan masalah bau yang tidak sedap dan menghadirkan lingkungan yang tidak elok dipandang.

Kami sebagai Pegawai Pemerintahan Desa Muktiwari Kecamatan Cibitung Kabupaten Bekasi akan membantu mengisolasi bau dan meminimalkan pemandangan yang tidak elok dilihat dan mengajak masyarakat untuk bekerja sama dalam penanganan Limbah Rumah Tangga di wilayah Perumahan Abdi Negara Resident. (Dika/Nda)

About Post Author