10 Desember 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Program Pisew 2021 Desa Gempolkarya Bangun Drainase

Spread the love

Karawang | Tren24Reportase.com-Pemerintah Desa Gempolkarya Kecamatan Tirtajaya Kabupaten Karawang melalui Badan Kerjasama Antara Desa BKAD melaksanakan pembangunan saluran air drainase program Pengembangan Infrastruktur Sosial ekonomi wilayah PISEW tahun anggaran 2021 yang berlokasi di dusun pangkalan, Rt.09/Rw.03, september 23/9/2021

Sadi, Kepala Desa Gempolkarya saat ditemui oleh awak media diruang kerjanya menjelaskan, pembangunan saluran air Drainase program PISEW tahap 2021 dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat PUPR pusat tersebut bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi pedesaan melalui penyediaan infrastruktur dasar dengan skema Padat Karya Tunai PKT. selain itu, juga untuk mengurangi kesenjangan antar wilayah pengentasan kemiskinan, memperbaiki tata kelola pemerintah daerah kabupaten, Kecamatan dan desa serta memperkuat kelembagaan masyarakat ditingkat desa,ujar Lurah Sadi.

Lanjut bahwa bantuan program PISEW dengan anggaran sebesar Rp.600 juta tersebut diwujudkan untuk pembangunan sarana prasarana pertanian, yakni saluran air drainase penghubung tiga Desa, Yaitu Desa Gempolkarya, Desa Sabajaya Dan Desa Sumurlaban. Dimana Desa Gempolkarya sebagai Desa utama, sedangkan Desa Sabajaya dan Desa Sumurlaban menjadi Desa penyangga.

Pembangunan saluran air drainase ini dengan panjang kurang lebih 400 meteran kiri kanan, dan tinggi 80 cm ungkapnya.

Menambahkan, bahwa selain untuk memperlancar aliran air yang mengarah ke area persawahan, saluran air drainase tersebut juga sebagai badan pengaman jalan Desa.

pengerjaannya pun melibatkan warga masyarakat Desa Gempolkarya, karena menimbang asas manfaatnya yang lebih tinggi, ia juga menyampaikan ucapan banyak terimakasih kepada Pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah Kabupaten Karawang yang telah memberikan bantuan dan perhatian dalam bentuk pembangunan kebutuhan dasar masyarakat berupa saluran air drainase.

Terimakasih atas bantuan yang diberikan, pastinya dengan dibangunnya saluran air drainase ini tentu sangat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar, utamanya warga dusun Pangkalan, beliau berharap, dengan bantuan program PISEW yang mengacu pada skema padat Karya tunai PKT ini, disamping dapat meningkatkan kualitas infrastruktur juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar lokasi sasaran program.

Mudah-mudahan dengan program kegiatan PISEW yang diselenggarakan melalui konsep pemberdayaan dan partisipasi masyarakat ini bisa memberikan kontribusi dalam pengurangan angka pengangguran dan penyediaan lapangan kerja, terlebih khusus di masa Pandemi Covid-19 saat ini. Pungkasnya(Agus)

About Post Author