26 November 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Posyandu Kasih Gemilang Rt 10 Adakan Vaksin DPT Terintegrasi Dengan Bumil Dan Lansia

Spread the love

Palembang | Tren24reportase.com – Pos Layanan Terpadu (Posyandu) yang sebelumnya identik dengan pemantauan kesehatan dasar bayi dan balita, kini meluaskan jangkauannya ke masyarakat luas.

Sejak diluncurkan di tahun 1986, saat ini ada sekitar 296.777 posyandu yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kepala Posyandu Kasih Gemilang Nora Melinda, S.H., M.H., mengatakan bahwa kegiatan Posyandu hari ini, Kamis (23/9) terintegrasi dengan pelayanan kesehatan bagi balita, ibu hamil dan lansia yg dilaksanakan bertempat di RT. 10 RW. 11 Sako.

Posyandu yang sudah berdiri sejak 5 bulan yang lalu ini rutin mengadakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di lingkungan RT. 10 dan sekitarnya.

“Posyandu rutin setiap bulan untuk kesehatan anak-anak balita di RT. 10. Ini gak mencakup balita aja, lansia dan ibu hamil juga,” ujar Nora.

Berdasarkan pantauan awak media di lokasi, terlihat turut membantu juga dari kader-kader warga RT. 10 serta 2 orang tenaga kesehatan yang diutus dari Puskesmas Sako yakni Elnariza, AMG dan Meydiah, AM.Keb.

Antusiasme warga lingkungan RT. 10 terlihat cukup tinggi, terbukti dengan setiap bulannya tidak kurang dari 40 balita yang mengikuti imunisasi di Posyandu Kasih Gemilang.

“Alhamdulillah semangat warga menyambut Posyandu kita, setiap bulannya selalu ramai, ya memang penduduknya banyak kan,” pungkas Nora.

Ditemui di lokasi koordinator Posyandu Kecamatan Sako Elnariza, AMG, mengungkapkan untuk kegiatan hari ini pihaknya telah menyediakan kebutuhan imunisasi dasar.

“Setiap bulan kami bawa dari Puskesmas vaksin DPT, Polio dan Campak, tetapi beberapa bulan yang lalu itu kosong vaksin kita. Baru datang beberapa hari yang lalu DPT, jadi hari ini kita bawa DPT dan Campak,” ujar Elnariza.

“Setiap bulan di layani semua imunisasi dasarnya, tetapi tergantung vaksinnya kadang kosong,” Tambahnya.

Menyikapi kurangnya ketersediaan vaksin DPT di Puskesmas, Elnariza menyarankan agar masyarakat langsung datang ke Puskesmas Sako untuk mendapatkan vaksin DPT.

“Kita di Puskesmas Sako itu ada 24 Posyandu, jadi beberapa bulan yang kemarin sempet kosong DPT nya, ada sedikit stok untuk pelayanan kesehatan di Puskesmas aja, jadi yang ke Posyandu ini kami sarankan ke Puskesmas setiap hari Rabu” jelas Elnariza.

Dalam kesempatan ini, Elnariza berharap agar masyarakat lebih memanfaatkan pelayanan kesehatan yang disediakan oleh Posyandu.

“Harapannya ke depan, semoga masyarakat lebih memanfaatkan Posyandu kita yang ada, baik itu untuk vaksin, menimbang berat dan tinggi badan, maupun yang lainnya seperti vitamin A dan obat cacing. Jangan cuman Posyandu itu tempat mereka imunisasi aja, kalo sudah imunisasi gk datang lagi,” tutup Elnariza. (Setyo)

About Post Author