4 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Toilet Sultan Dalam Perawatan “Dinas Bungkam” Apakah Sudah Sesuai SPEK” ?

Spread the love

Kab. Bekasi, Tren24reportase.com – Sempat viral terkait pembangunan toilet di sejumlah sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di Kabupaten Bekasi dan menjadi perbincangan, sebab biaya yang dihabiskan bernilai fantastis.

Satu toilet dengan dimensi 3,5×3,6 meter menghabiskan anggaran sampai Rp196,8 juta. Seperti yang sedang dibangun di SDN bahkan SMP. Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja ketika itu memberikan penjelasannya. Diakuinya, pemerintah daerah menggelontorkan anggaran Rp. 98 miliar untuk membangun ratusan toilet di SD dan SMP di Kabupaten Bekasi. Pembangunan toilet ini dalam rangka persiapan sekolah tatap muka pada Januari 2021 mendatang.

“Terhadap apa yang ramai di media pembangunan WC, ini kan pengerjaannya baru 35 persen,” kata Eka pada Rabu (16/12).

Akan tetapi, hari ini 01/09/2021 Media online tren24reportase kedapatan melihat para pegawai dinas sedang berada di SDN Sukakarya 01 sedang melakukan pemantauan toilet sultan yang penggunaan angarannya sangat fantastis. Media online Www.tren24reportase.com menayakan kepada beberapa orang yang memakai baju dinas “ada apa di toilet sultan dan dari dinas mana”? Akan tetapi beberapa oknum dinas tidak mau menjawab dan melarang media untuk memphoto kegiatan seraya degan memberikan jawaban “karena ini kita belum dalam pemeriksaan mereka yang dengan para tukang dalam perbaikan Toilet sultan yang nasibnya seumur jagung sudah rusak parah.

Kenapa mereka tidak izinkan awak media memphoto bahkan mendekati toilet sultan, kegiatan yang sedang dalam pengecekan atau perbaikan perbaikan toilet tersebut.
Dari salah satu pihak dinas yang ada di lokasi mengatakan ia kit dari dinas untuk mengecek toilet ” pondasi dan membuka atap bahakan keran air yang rusak samping.

Darimana mereka yang tidak mau mengatakan jati dirinya, siapa kah mereka ? Padahal dari keterangan salah satu wanita yang ada di lokasi toilet sudah menunjuk bahwa itu ada petugas dari dinas, akan tetapi pihak dinas terkait tidak mau komentar. Terkait apakah sudah sesuai spek atau RAB pembagunan “toilet sultan” jawabya bugkam.

Sekdin Ciptakarya Beny saat dimintai keterangan terkait anak buahnya yang berada di SDN Sukakarya 01 sedang melakukan perbaikan toilet sultan dan melarang awak media online Tren24reportase.com group untuk memphoto bahkan mendekat tanpa mau di mintai keterangan oleh media ‘ jawab sekdin Beny lewat wahasap degan jawabnya simpel “Mungkin pemeliharaan, kan boleh kalau pemeliharaan Ga ditanya kenapa ga ngasih keterangan?” ucapnya lewat whatsapp. (Rudi/Mariam)