2 Desember 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

MDP Ciptakan Vaksinonline.com, Daftar Vaksin Berbasis Online

Spread the love

Palembang, Tren24reportase.com – Berkat inovasi dari Universitas MDP yang menciptakan vaksinoline.com, masyarakat bisa mengetahui informasi kepastian lokasi pelaksanaan vaksin hingga berapa jumlah kuota yang tersedia.

Vaksinonline.com adalah platform yang dibuat untuk menjawab kesulitan masyarakat mencari info vaksinasi di kota palembang. Platform atau aplikasi ini diharapkan mampu membantu masyarakat dan pihak penyelenggara vaksinasi yang ada di kota Palembang. Ini merupakan karya inovasi dari Universitas MDP Palembang.

Rektor Universitas MDP Palembang, Johanes Petrus mengatakan ini hanyalah platform atau aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk mengetahui kegiatan vaksinasi yang akan dilaksanakan.

“Dengan platform ini kan masyarakat bisa mengetahui ada penyelenggaraan vaksinasi dimana misalnya, kuota berapa dan masih apa gak,” jelasnya.

“Lewat platform vaksinonline.com ini, pihak penyelenggara bisa masuk lewat aplikasi ini,” tambahnya.

“Sebenarnya, kita melihat dari beberapa kesulitan masyarakat yang datang berbondong-bondong ke tempat penyelenggaraan vaksin tau-tau gak ada. Kan kasihan sudah gak ada menimbulkan keramaian pula,” kata Johanes.

Karena itu, pihaknya pun membuat aplikasi tersebut untuk menjembatani para pelaku penyelenggara vaksinasi untuk bisa memanfaatkan platform ini.

“Aplikasi ini baru, baru sabtu lalu kita luncurkan dan di sini (Sekolah Kusuma Bangsa) adalah pelaksanaan perdana yang kita gelar dengan Kodim 0418 dan Yayasan Budha Tzu Chi,” Jelasnya, Senin (30/8).

Sejauh ini berjalan lancar tak ada kerumunan karena masyarakat yang datang sesuai dengan kuota yang ada dan telah ditentukan jamnya.

“Jadi di aplikasi ini kita buat perjam 200, kalau dia daftar 1-200 maka jadwalnya akan mulai jam 8 sampai jam 9 begitu juga seterusnya jam 9 sampai jam 10 dengan tujuan untuk mengatur agar tak menimbulkan kerumunan,” Jelas Johanes.

Menurutnya, dari pengalaman selama ini pihak penyelenggara hanya membuka pendaftaran melalui google form yang hanya sekedar mendata dan tak bisa melihat kuota vaksin yang tersedia.

“Jadi artinya, lewat apliasi ini kita transparan, masyarakat bisa tahu kalau disini habis oh bisa lihat yang lain masih atau tidak kuotanya,” tegasnya.

Johanes berharap para penyelenggara vaksin dan juga Puskesmas sebenarnya bisa menggunakan aplikasi ini agar memudahkan untuk masyarakat tahu informasi ini.

“Silahkan bagi penyelenggara gunakan ini kita hanya penyedia platform saja, namun kita verifikasi dulu benar atau tidak ada vaksinasi, berapa kuota dan lain sebagainya,” jelas dia.

Johanes juga mengatakan siapa saja bisa gunakan ini baik pemerintah, penyelenggara dan sebagainya. “Silahkan saja karena kita hanya penyedia platform saja tapi tetap kita verifikasi dulu,” kata dia.

“Jadi setiap ada kegiatan vaksin ini dapat diketahui di Kota Palembang, silahkan pakai. Kalau pakai google form ada kekurangan sedikit. Diharap dengan adanya vaksinonline.com ini dapat membantu penyelenggara dan juga masyarakat untuk mendapatkan vaksinasi,” tutup Johanes. (Setyo.B.L)

About Post Author