10 Agustus 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Giat Vaksinasi UPTD Puskesmas Pebayuran Yang Ke-14

Spread the love

Kab Bekasi, Tren24reportase.com – Dalam Rangka mendukung program pemerintah pusat, pemerintah Kabupaten Bekasi, Puskesmas Pebayuran melakukan penyuntikan 1000 Vaksin kepada warganya dengan cara menjemput bola dilaksanakan di Rumah Kepala Desa, Kampung Pengasinan RT,002/006 Desa Karangpatri, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/08/2021).

Tujuan Vaksinasi agar membuat kekebalan bagi tubuh masyarakat, guna mencapai target herd immunty (membuat kekebalas komunitas) untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Kepala Puskesmas Pebayuran, Heni Fatmasari mengatakan, bahwa kegiatan Vaksinasi yang di lakukan tenaga Kesehatan Puskesmas Pebayuran kepada warga berusia 18 sampai 50 tahun untuk mempercepat program seribu Vaksin dengan cara jemput bola yang ada di wilayah UPTD Puskesmas Pebayuran yaitu Delapan Desa setiap harinya dari tanggal 2 Agustus hingga 31 Agustus terutama di Desa Karangpatri saat ini, ucapnya.

Kepala Desa Karangpatri, Karsidi, SE, mengatakan, bahwa kegiatan Vaksinasi yang di lakukan puskesmas pebayuran dengan cara jemput bola untuk warga Desa Karangpatri saat ini sudah mencapai 53% persen dari jumlahh penduduk yang ada di wilayah Desa Karangpatri yang sudah di Vaksin Tahap Satu dan Tahap Dua, setiap kegiatan Vaksinasi Covid 19 ini.

“Seperti pemeriksaan gula darah dan tekanan darah. Bagi para penerima Vaksin yang memiliki riwayat penyakit tidak disarankan untuk melanjutkan proses suntik Vaksinasi Covid-19, alur pengisian yaitu input data, pemeriksaan tensi dan suhu dan terakir Vaksinasi, kemudian dilakukan observasi 30 menit,”

Karsidi melanjutan, selaku Kepala Desa Karangpatri mengucapkan sangat berterimakasih kepada Puskesmas Pebayuran yang sudah jemput bola untuk kegiatan Vaksinasi Sinovac Covid-19, yang ke 14 kalinya.” Di Desa Kami ini.

“Semoga dengan adanya Vaksinasi ini masyarakat khususnya Desa Karangpatri bisa terhindar dari bahaya’nya Virus Covid-19 ini dan semoga Covid-19 segera berakhir dan berlalu,” terangnya.

Kades pun berharap pada masyarakat Desa Karangpatri untuk sementara kegiatan hajatan atau hiburan saat ini masih tidak di ijinkan untuk kegiatan tersebut, dan bila keluar rumah jaga kesehatan ikuti protokol kesehatan yaitu 5M, Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, hindari Mobilitas, dan pesan di rumah saja.

Hasil dari kegiatan tersebut cukup mengesankan, di mana pelaksanaan penyuntikan perhari ini sebanyak 250 Orang tahap Suntik Vaksin ke Satu 100 Orang, tahap Vaksin ke Dua, 150 Orang telah berhasil disuntik Vaksin Sinovac Covid-19. 

Aiptu Abdurrahma selaku Bimaspol mengimbau pada masyarakat Desa Karangpatri agar untuk menerapkan Protokol Kesehatan sudah satu tahun lebih dan terus kita himbau, seharusnya masyarakat sudah dapat mengerti akan pentingnya menjaga kesehatan dan protokol kesehatan, karena itu semua tak lain untuk kebaikan kita semua,” jelasnya.

“Personel maupun dari tenaga kesehatan, tak bosan-bosan memberikan himbauan maupun pelayanan kesehatan dalam melaksanakan penanganan penanggulangan dan mengantisipasi penyebaran Covid-19 yang ada di wilayah Kecamatan Pebayuran, karena itu untuk kebaikan kita semua,” terangnya.

Acara tersebut dihadiri, oleh Kapolsek Pebayuran terwakili, Aiptu, Abdurahman, Binmaspol Karangpatri Pelda, Winarso, Babinsa AD, Satpol PP, Kepala Desa Karangpatri, Karsidi, SE, Sekdes, Lina Wiyah, Dr Lusiana, N.NS, Uci Sanusi, S, Kep, Bidan Hj. Rosidah, S.Tr, Keb, Siti Aisyah Yulastri, AM, Keb, Gugus tugas Covid 19 Desa Karangpatri, Dusun RT, RW, aparatur Pemerintahan Desa, petugas Kesehatan Puskesmas Pebayuran dan yang lainnya.

Pada kegiatan Vaksinasi tersebut, tetap mengedepankan Protokol Kesehatan, yaitu dengan cara memakai masker mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (Rudi)

About Post Author