10 Desember 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Pembangunan Embung Desa Sukadarma Diduga Jadi Ajang Bancakan Oknum Kepala Desa Dan Koleganya

Spread the love

Kab. Bekasi, Tren24reportase.com – Proyek pekerjaan Pembangunan Embung yang manfaatnya untuk menampung air limpahan dan pengantisipasian banjir dikala musim hujan di Desa Sukadarma patut di pertanyakan kejelasannya, ungkap tim investigasi LSM PRABU DPD Kab Bekasi kepada media online Www.tren24reportase.com group, Selasa, 17/8/21. Saat dilakukan investigasi oleh DPD LSM-PRABU, mempertanyakan peningkatan pembangunan Embung yang berlokasi di Kampung Gandu Bale Panjang Rt 002/004, Desa Sukadarma, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, benar-benar terbengkalai dan mungkin tidak akan selesai dikerjakan pada tahun anggaran 2019. Rencana kerja dan anggaran (RKA) yang telah dibuat oleh Kepala Desa Sukadarma yaitu bersumber dari anggaran APBDes tahun 2019.

Disisi lain, Nimin Rudiansah selaku Sekjen DPD LSM-PRABU indonesia ( Lembaga Swadaya Masyarakat Pergerakan Rakyat Bersatu Indonesia), mengatakan kepada Media Online Www.tren24reportase.com group bahwa hasil investigasi saya pada hari Rabu- 11/8/21, yang turun langsung ke lokasi pembangunan embung bahwasannya kami melihat langsung pekerjaan proyek yang tidak selesai sampai sekarang di tahun 2021 alias terbengkalai.

Masih Nimin Rudiansah, Saya meminta kepada aparat Penegak Hukum, Insfektorat agar turun langsung kelokasi Kampung Gandu Bale Panjang, Desa Sukadarma, untuk melakukan sidak terhadap pekerjaan embung yang masih terbengkali tersebut yabg antara lain seperti empang yang di kerjakaan oleh Oknum Kades Sukadarma. Untuk menindak lanjuti dan memproses kasus ini dan bukan malah membiarkannya.

Pekerjaan yang belum selesai sampai sekarang diduga untuk anggaran 2019 peningkatan embung sudah di cairkan yang pekerjaannya hanya baru digali saja seperti nampak terlihat jelas berbentuk empang,
“Mungkin ada yang kong kali kong untuk pencairan anggarannya, ucap Nimin.

Di tempat yang sama salah seorang warga yang engan di sebutkan namanya, saat di mintai keterangan oleh Media terkait pembangunan Embung Desa Sukadarma mengatakan, ia dan warga yang sebagian besar adalah petani sangat kecewa dengan pembangunan embung Desa yang sampai sekarang tidak selesai di kerjakan oleh pihak Pemerintah Desa sebagai pemegang anggaran dana Desa.

“Pembuatan embung sama sekalai tidak bermanfaat bagi masyarakat petani terkesan sangat mubajir, pungsinya hanya buat tempat bermain bebek, ucap warga.

Media online Www.tren24reportase.com mencoba melakukan konfirmasi kepada sekdes Sukadarma lewat pesan aplikasi whatsapp terkait peningkatan embung di desa Sukadarma ” whatsapp pun tidak dibalas dan hanya dibaca saja seperti koran dan telpon tidak di agkat “. (Mariam)

About Post Author