6 Desember 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Membantu Adanya Pengobatan ODGJ Di Karangjaya Ketua LPM H. Mawar Berharap Pemerintah Bisa Membantu

Spread the love

Kab. Bekasi, Tren24reportase.com – Peduli Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) tak seharusnya dijauhi. Mereka butuh dirangkul, dengan kasih sayang tulus dari orang disekitarnya. Dengan pengobatan alternatif sederhana itu, pasangan suami istri asal Pebayuran RT Masturidi dan Lasih berhasil menyembuhkan Orang Dengan Gangguan Jiwa yang secara sukarela dirawatnya, Minggu (15/08/2021).

Dari Pantauan team awak Media, siang ini, nampak 4 ODGJ dirumah penampungan RT, Masturidi di Kampung Tegal Panas RT.005/003 Desa Karangjaya Kecamatan Pebayuran tengah beraktivitas. Ada yang memasak, menyapu dan ada juga yang duduk melamun sendirian. Ya, mereka adalah Orang Dengan Gangguan jiwa (ODGJ), yang dirawat RT Masturidi.

Berawal dari banyaknya ODGJ yang tidak tertangani dengan baik, RT Masturidi berinisiatif membuat rumah penampungan bagi para ODGJ di Kediaman nya, Sebelum membuat rumah penampungan ini, dia pernah ngontrak salah satu rumah untuk menampung penderita ODGJ, saya sejak tanggal (19/10/2019) sudah tertarik membantu mereka yang ingin menjalani perawatan berawal dari rasa iba dan ingin membantu, RT. Masturidi akhirnya merelakan rumahnya jadi penampungan.

RT Masturidi pun akhirnya sedang membangun rumah bagi para penderita ODGJ. Ada 3 ruangan disini, masing-masing berukuran 3 x 3 meter, Karena keterbatasan tempat dan tenaga, kami memutuskan saat ini hanya menerima beberapa,” katanya.

Menurutnya, tempat penampungannya ini baru dibangun, awalnya para Penderita ODGJ ditempatkan dirumahnya, namun seiring berjalannya waktu semakin banyak jumlah penghuninya membuat RT Masturidi berinisiatif membangun sebuah bangunan, pihaknya wajib mencatat pula setiap perkembangan kejiwaan satu sama lain dari penghuni. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana upaya penyembuhan. Pencatatan itu disesuaikan dengan nama masing-masing penderita ODGJ.

Diakuinya, sudah 13 Orang yang sudah sembuh salah satunya Muhamad Heru warga kalangsari RT 013/003 Kecamatan Rengas Dengklok, yang saat ini masih dalam proses penyembuhan walaupun tidak 100% setidaknya para ODGJ yang dirawat bisa mengurusi dirinya sendiri tanpa bantuan orang lain,”Jelasnya RT Masturidi.

Kepala Desa Karanghaur Juhendi Sulaeman, St, mengatakan rasa peduli terhadap masyarakatnya yang sedang mengalami gangguan jiwa ia memberikan bantuan bangunan satu Kamar untuk pemulihan masyarakatnya yang sedang di obati di salah satu Kampung Tegal Panas, Desa Karangjaya, Kecamatan Pebayuran, semoga dengan bantuan tersebut bisa membantu pak RT Masturidi untuk memudahkan kegiatan penyembuhan,” Ucapnya Pada Media.

Ketua Lembaga Pemerdayaan Masyarkat ( LPM ) Kecamatan Pebayuran H. Mawar, Mengatakan semoga dengan di bangun nya Penampungan di sebelah rumah pak Masturidi ini bisa membantu penderita ODGJ, “Saya juga berharap Kepada Pemerintah Kabupaten Bekasi, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Baznas, Sudi kiranya membantu dengan adanya pengobatan ODGJ di tempat rumah RT Masturidi,” pungkasnya H.Mawar. (Rudi/Team)

About Post Author