27 September 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Kegiatan Vaksinasi Covid-19 Bagi Seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Cikarang

Spread the love

Kab Bekasi, Tren24reportase.com | Tren24Reportase.com-Seperti yang kita ketahui Setiap harinya kasus lonjakan covid semakin tinggi, dimana masyarakat diminta untuk selalu menaati Protokol kesehatan dengan selalu menerapkan 3M, dan tidak lupa untuk segera melakukan vaksin bagi yang belum menerima vaksin.

Begitu pun Lapas Cikarang juga mengadakan Vaksinasi untuk seluruh warga Binaannya yang akan dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Juli 2021 pukul : 08.00 WIB s.d selesai. Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 bagi Seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Cikarang dilaksanakan oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang, Adapun detail kegiatan sebagai berikut:
a. Pada hari Kamis dimulai pukul 08.00 WIB Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Cikarang telah melaksanakan Vaksinasi Covid-19 bagi Seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).
b. Lapas Cikarang sebelumnya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi pada tanggal 15 Juli 2021 terkait permohonan Vaksinasi Covid-19 bagi seluruh WBP.
c. Tindak lanjut pertama Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi telah melakukan survei tempat pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada tanggal 19 Juli 2021.
d. Selanjutnya Lapas Cikarang dan Dinas Kesehatan telah menyepakati waktu pelaksanaan vaksinasi Covid-19 adalah selama 2 hari yakni tanggal 22 – 23 Juli 2021.
e. Adapun jumlah warga binaan yang telah didata untuk mengikuti pelaksanakan vaksinasi adalah 1675 WBP dengan tenaga Kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dan Puskesmas Sukamahi Cikarang Pusat berjumlah 20 orang.
f. Pemberian Vaksin Covid-19 dilaksanakan dua tahap, dimana tahap pertama telah dilaksanakan vaksin bagi 815 WBP. Dengan rincian 700 lolos skrining oleh tenaga Kesehatan dan 115 tidak lolos skrining.
Dalam kesempatan ini turut hadir Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Jawa Barat Taufiqurrakhman meninjau pemberian vaksin Covid-19 tahap pertama ini dengan didampingi langsung oleh Kepala Lapas Cikarang dan pejabat struktural.
h. Selanjutnya Vaksinasi Covid-19 kedua akan dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 23 Juli 2021.
i. Pelaksanaan dilakukan dengan tetap memperhatikan penerapan protokol Kesehatan.
j. Kegiatan terlaksana dengan baik, aman dan kondusif.

Kemudian Kegiatan vaksinasi yang diberikan oleh Lapas Cikarang agar Dapat dijadikan langkah preventif dalam pencegahan Penyebaran virus Covid 19 dan dilanjutkan dengan pelayanan Kesehatan lainnya untuk penyakit selain Covid-19.Lapas Cikarang akan Melakukan pendataan ulang bagi WBP yang belum melaksanakan Vaksinasi Covid-19.

Setelah Pemberian Vaksin Kepada Warga binaan tidak lupa Kami Menghimbau untuk tetap selalu Terapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan pada masa pandemi Covid-19.

Dengan adanya kegiatan Pemberian Vaksin kepada seluruh warga binaan tersebut berharap bisa mencegah penyebaran Covid-19 pada Lapas Cikarang. (MAR/ND)

About Post Author