27 September 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Makden Lama VS Yong Panah Hijau, Tawuran Berujung Isu “SARA”

Spread the love

Belawan | tren24reportase.com – Di Medan Bagian Utara tepatnya di Makden Lama Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan kota Madya Medan Provinsi Sumatera Utara, tawuran terus berlanjut. Belakangan tawuran remaja itu berujung isu Sara. Rabu (21/07/2021) sekitar pukul 02.30 Wib.

Informasi yang dihimpun tren24reportase.com di lapangan, awalnya tawuran antara kelompok jalan Yong Panah Hijau mulai dari lingkungan 8 dan 9 Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan terlibat bentrok dengan kelompok lorong Makden Lama Kelurahan Belawan Bahari Kecamatan Medan Belawan. Dimana di lorong tersebut dihuni warga beragama non Muslim.

Entah bagaimana, kelompok dari lingkungan 8 dan 9 Labuhan Deli terdesak dengan serangan lawan. Rasa takut yang menghantui, membuat kelompok yang terdesak berteriak di dalam Masjid. Dengan pengeras suara, seruan Masjid ANNAJAH dibakar diumumkan.

Seruan itu disambut di Masjid dan Musholla lainnya. Akibatnya ribuan masyarakat jalan Yong Panah Hijau mulai dari Gang Tangga lingkungan 5 hingga masyarakat lingkungan 9 Kelurahan Labuhan Deli keluar rumah untuk berikan perlawanan kepada pihak lawan.

Di Makden Lama Kelurahan Belawan Bahari juga diisukan pembakaran Gereja. Masyarakat non Muslim juga keluar rumah untuk berikan perlawanan.

Tawuran berujung Sara itu pecah di jalan KL Yos Sudarso KM 21 tempatnya di depan kantor Cabang PLN Belawan.

Situasi yang mencekam tersebut berhenti setelah personil gabungan Polres Pelabuhan Belawan datang ke TKP. Kedua kelompok yang berseteru dipukul mundur dan bubarkan diri.

Sampai saat ini, tidak ada rumah ibadah yang dibakar dalam aksi tawuran tersebut. Masyarakat minta Polisi usut dan tangkap pelaku yang hembuskan Sara melalui rumah ibadah itu. (Rahman).

About Post Author