27 September 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Dampak Pasang Rob Merusak Bangunan Jalan Setapak, Masyarakat Tunggu Kepedulian Perusahaan Swasta Dan BUMN PT. Pelindo 1

Spread the love

Medan Belawan | Tren24Reportase.com-Tinggi pasang Rob (Air laut naik ke daratan-red) 2 tahun belakangan ini yang serang perkampungan warga masyarakat Kecamatan Belawan sekitarnya, Kelurahan Labuhan Deli dan Kelurahan Paya Pasir Kecamatan Medan Marelan kota Medan Provinsi Sumatera Utara berdampak sangat buruk terhadap pasilitas umum (Jalan-jalan setapak-red) dan bangunan rumah warga. Masyarakat berharap adanya kepedulian pengusaha di Belawan dan BUMN PT. Pelindo 1 Medan. Rabu (07/07/2021) pukul 16.00 Wib.

“Sekitar 6 atau 7 bulan yang lalu kami perwakilan warga masyarakat Gang Anggrek Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan bermohon kepada PT. Pelindo 1 Medan untuk perbaikan jalan setapak yang rusak akibat pasang Rob, namun belum terkabulkan, mungkin juga ditolak”. Kata Erwan (52) perwakilan warga gang Anggrek.

Tim Tren24Reportase.com telusuri dampak pasang Rob yang dalam 1 bulan 2 x serang perkampungan penduduk.

Di Kecamatan Medan Belawan semua jalan setapak digenangi pasang Rob, bahkan jalan kota Belawan bagaikan anak paluh. Akibatnya bangunan jalan setapak yang dibangun gunakan APBD kota Medan itu mengalami rusak ringan dan sedang.

Begitu juga di Kecamatan Medan Marelan. Kondisi yang terparah di Kelurahan Labuhan Deli dan Kelurahan Paya Pasir. Selain merusak bangunan jalan setapak, genangan air laut yang naik ke daratan itu juga merusak bangunan rumah warga, dinding bangunan yang terbuat dari batu bata mengalami keropos.

Di Belawan dikenal sebagai gerbang dolar perekonomian Sumatera Utara. Selain memiliki Pelabuhan Internasional, dan PLTU. Belawan juga punya dermaga (Tangkahan-) ratusan kapal ikan, selain itu Belawan dipadati ratusan pengusaha swasta.

Perputaran ekonomi di Belawan tersebut mencapai ratusan miliar rupiah per hari, anehnya Belawan tercatat sebagai daerah miskin dan pembangunannya tertinggal.

Tingginya pasang Rob memperburuk keadaan, jangankan penambahan bangunan pasilitas umum, bangunan jalan setapak APBD kota Medan yang sudah ada rusak karena pasang Rob. Hingga sampai sekarang belum ada kepedulian ratusan perusahaan swasta di Belawan terhadap jalan-jalan setapak yang rusak tersebut, termasuk juga perusahaan BUMN.

Masyarakat khususnya Belawan sekitarnya dan Labuhan Deli tuding tingginya pasang Rob akibat bebasnya penimbunan paluh paluh untuk kepentingan pengusaha.

Begitu juga penimbunan di pinggir dan di tengah laut perairan Belawan (Daerah laut pantai Barat-red) yang ditimbun untuk pengembangan Pelabuhan, masyarakat menilai penimbunan tersebut merupakan penyebab tingginya pasang Rob. (Rahman)

About Post Author