27 September 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Pengerjaan PAMSIMAS Desa Rowo Rejo Di Duga Asal Jadi Dan Tidak Memasang Papan informasi

Spread the love

Pesawaran | Tren24reportase.com-Penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (PAMSIMAS) adalah salah satu program yang di laksanakan pemerintah Indonesia yang di dukungan oleh Bank dunia, program ini dilaksanakan di daerah pedesaan dan pinggiran kota.

Air merupakan sumber kehidupan dan kebutuhan mendasar manusia yang tidak bisa di tawar-tawar, oleh karena setiap manusia harus mengkonsumsi air yang layak dan benar-benar bersih.

Maka program nasional penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat ( PAMSIMAS),sebagai jawab untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Namun sangat di sayangkan yang terjadi di Dusun Pendowo Desa Rowo Rejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran, pengerjaan PAMSIMAS tersebut di duga asal jadi, saat awak media melihat langsung pengerjaan PAMSIMAS tersebut ( jum’at 02-07-2021).

Hal yang sangat mendasar papan informasi proyek dari awal sampai saat ini tidak ada, karena papan informasi proyek sangatlah penting, itu sebagai bentuk transparansi dalam pengerjaan proyek tersebut, pada saat pengecoran proyek tersebut menggunakan ukuran besi yg tak sesuai yang seharusnya ukuran 12 inci malah menggunakan ukuran 8 inci belum lagi kedalam pengeboran yang seharusnya minimal 80 meter itu malah 70 meter.

Hal senada di ungkap salah satu warga setempat yang tidak mau di sebutkan namanya, ” Memang dari awal pengerjaan PAMSIMAS itu tidak ada papan informasi nya pak, jadi kami warga sekitar tidak tau proyek tersebut dananya dari mana dan jumlah anggaran berapa, dan juga kedalam sumur bor nya pun kurang maksimal pak, iya sekarang air nya banyak takutnya sebelum sampai setahun malah sumur bor nya kering kan percuma aja PAMSIMAS ini”.

Lanjut keterangan warga tersebut yang tidak mau di sebutkan namanya “Besi yang dipakai untuk ngecor bangunan pun sangat kecil pak kalau gak salah ukurannya 8 inci, kami sebagai warga masyarakat Dusun Pendowo Desa Rowo Rejo meminta agar dinas terkait untuk mengecek pengerjaan PAMSIMAS di Desa kami pak”,imbuh nya.

Hal tersebut coba kami konfirmasi ke Maryoto selaku pelaksana pengerjaan PAMSIMAS tersebuat dan sekaligus kadus di Dusun Pendowo Desa Rowo Rejo, agar pemberitaan kami berimbang.

Saat ditemui di kediamannya Maryoto sebagai penanggung jawab pengerjaan PAMSIMAS tersebut sekaligus Kadus di Desanya, dengan enteng menjawab “memang papan informasi tidak kami pasang mas nanti saja kalau kerjaan sudah beres, kalau besi pengecoran sesuai kok mas bisa di cek kalau pun tidak percaya”.

Masih kata Maryoto “untuk kedalam sumurnya bor nya itu sudah maksimal mas dengan kedalam 70 meter, adapun kata warga bahwa pengerjaan PAMSIMAS ini asal-asalan boleh di cek kok ungkapnya. (Arifin)

About Post Author