2 Desember 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Pemerintah DKI Menambah 2 Rumah Susun Untuk Pasien Covid-19 Tanpa Gejala

Spread the love

Jakarta | Tren24Reportase.com-Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah menyiapkan dua rumah susun (rusun) tambahan, di Daan Mogot, Jakarta Barat dan Pulo Gebang, Jakarta Timur sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 tanpa gejala.

Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta, Marullah Matali mengatakan dua rusun tambahan ini merupakan salah satu rencana skenario terburuk dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Kami sudah meninjau rumah susun Daan Mogot kemudian juga rumah susun di Pulogebang dan beberapa rusun lain,” kata Marullah dalam video di Youtube Pusdalops BNPB yang dilihat pada Senin (28/6).

Selain itu, kata Marullah, Pemprov DKI juga tengah menginventarisasi rusun lain yang bisa digunakan untuk tempat isolasi mandiri pasien Covid-19.

“Sekarang sedang menginventarisir beberapa tempat yang bisa digunakan untuk menjadi tempat isolasi mandiri pasien Covid-19,” ujarnya.

Sebelumnya, dua rusun juga telah difungsikan untuk tempat isolasi mandiri pasien Covid-19 tanpa gejala, yakni Rusun Nagrak Cilincing, Jakarta Utara dan Rusun Pasar Rumput, Jakarta Selatan.

Setidaknya ada lima tower di Rusun Nagrak yang belum berpenghuni yang disiapkan sebagai tempat isolasi. Masing-masing tower terdiri dari 16 lantai dan tiap tower berisi 225 unit dengan tipe 36.

Sementara di Rusun Pasar Rumput terdapat 7.936 tempat tidur yang disiapkan untuk isolasi pasien Covid-19.

“Kapasitas di sini jumlahnya jumlah kamar dari tower 1,2 dan 3 itu totalnya ada 1.984 kamar, direncanakan diisi dengan 4 tempat tidur, itu totalnya berarti kurang lebih 7.936 tempat tidur yang akan dipersiapkan,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, Jumat (25/6).

Kasus positif Covid-19 di Jakarta terus bertambah dari hari ke hari. Beberapa kali tercatat rekor baru tambahan kasus harian. Hingga Minggu (27/6), total kasus positif Covid-19 di DKI mencapai 520.061(Nanda)

Sumber CNN

About Post Author