27 September 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Pembagunan Kantor Desa Sukarapi Diduga Tidak Mampu Membeli Tanah Urugan Memakai Limbah B3

Spread the love

Tren24Reportase.com | Kabupten Bekasi
Pembagunan Desa Sukarapi Kecamtan  Tambelang  Kabupaten Bekasi sudah berjalan hampir empat puluh persen dari keterangan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengungkapkan hingga tanggal 12 April Dana Desa Tahun 2021 yang telah cair dan masuk ke rekening Desa adalah sebanyak Rp. 11,361 triliun dari total alokasi anggaran sebesar Rp. 72 triliun.

“Dari Rp. 72 triliun Dana Desa tahun ini yang sudah cair masuk ke desa sebanyak Rp. 11,361 triliun yang tersalur ke 34.053 Desa dari 74.961 Desa Jadi sekitar empat puluh lima (45) persen desa di Indonesia sudah menerima pencairan Dana Desa,” ungkapnya, di Jakarta, Kamis (15/04/2021).

Ditambahkan Abdul Halim pihaknya terus melakukan upaya percepatan penyaluran agar Dana Desa dapat segera dimanfaatkan oleh desa.

Lebih lanjut Mendes (PDTT) meminta desa yang telah menerima pencairan Dana Desa tersebut untuk segera menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa Percepatan penyaluran ini penting dilakukan untuk membantu memenuhi kebutuhan warga.

“Saya sangat berharap, tolong kepada kepala desa, perangkat Desa yang Dana Desanya sudah ada plotting (BLT) Desa yang sudah disiapkan, segera di salurkan, supaya bisa dimanfaatkan untuk menopang kebutuhan warga desa, ujarnya.

Abdul Halim mengatakan, aturan peniadaan mudik akan berdampak pada penurunan aktivitas Ekonomi warga Desa pada momen perayaan Idulfitri tahun ini. Mengatasi hal tersebut, Kemendes (PDTT) berupaya mengoptimalkan Dana Desa untuk (BLT) Desa dan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) di samping adanya berbagai program jaring pengaman sosial lainnya seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Bantuan Sembako dan sebagainya.

“Alhamdulillah, berkat kebijakan Presiden dana yang ada di APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja) ini digelontorkan sedemikian rupa ke desa. Ada (PKH) Bantuan Pangan Non Tunai, ada [Bantuan] Sembako. Nah terkait Program Dana Desa ada BLT dan Padat Karya Tunai Desa,” ujarnya.

Disampaikan Abdul Halim (BLT) dan (PKTD) menjadi salah satu andalan Kemendes (PDTT) untuk dapat meningkatkan daya.ujarnya. dilansir  Oleh Humas Dipublikasikan pada 16 April 2021

Pada saat awak media mendatangi kantor desa Sukarapi  kedapatan  kantor tersebut sedang di bangun penambahan ruangan dengan anggaran Bidang kegiatan : pembagunan Desa
Jenis kegiatan: Pembangunan Kantor
Lokasi Desa Sukarapi
Pelaksanan kegiatan (TPK) Desa sukarapi
Waktu pelaksanan : 30 Hari kalender kerja (DAD) tahap satu (1 ) tahun 2021. Dengan nilai anggaran Rp.710.145.400,. Bangunan kantor desa terliat di duga memakai urugan B3 yang notabenya jelas di larang bahan untuk menguruk karna dampak nya ada kepada ligkungan bahkan tanah.

Saat awak media menanyakan kepada salah satu tukang bangunan terkait urugan kantor desa ” ini urugan  memakai apa ? Jawab tukang memakai limbah batu bara ” jawab tukang.

Saat awak media melakukan komfirmasi lebih lanjut kepada kepala desa jawab staf sekdes tidak ada bahkan kades lagi diluar. Ke esokan awak media kembali  mendatangi kantor desa  tetap kepala desa tidak ada di kantor desa .

Awak media mencoba minta keteragan ke kabid (DPMD) Maman Firmansyah lewat whasapp

Ass.. Kabid izin minta komentar nya terkait pembangunan desa sekarang banyak desa bangun desa dengan membuat Kantor Desa Rehaba ..apakah anggaran Desa di tengah pandemi seperti ini boleh pak membangun bangunan kantor Desa. Trimkasih pak mohon tanggapanya.tetapi tidak ada komentar sama sekali hanya di baca saja” seakan dugaan enggan memberikan informasi kepada media untuk publikasi kepada masyarakat.12/06/2021. (Maddi)

About Post Author