4 Juli 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Oknum Inseminator Lampung Timur Raup Puluhan Juta Rupiah Dari Dugaan Pungli Program Sikomandan

Spread the love

Lampung Timur | Tren24Reportase.com-Diduga Oknum Mantri Hewan Ari Patriansyah Kecamatan Batanghari Nuban Lampung Timur, telah lakukan Dugaan Pungli Kepada para Peternak Sapi yang ada di Kecamatan Batanghari Nuban, Lampung Timur.

Menurut Keterangan salah satu warga yang enggan di sebutkan namanya, rabu(26/05/2021), pungutan ini sudah berlangsung sejak tahun 2017 hingga 2020 ini, pungutan itu di peruntukkan menyuntik indukkan sapi.

“Sekali suntik Rp.100.000 mas, setiap peternakan membayar variasi mas, kami bayar langsung ke mantri hewan mas, yang pertama segitu kalau gak jadi baru bayar 50 ribu” Ujarnya.

Saat di konfirmasi oleh awak media via WhatsApp Ari mengakui mereka menerima upah dari suntik sapi, tapi ia enggan dikatakan pungutan, ” iya mas memang ada biaya tapi itu hanya untuk sebatas bensin operasional saja” tegasnya.

Masih keterangan Ari, ia mengakui bahwa ia tidak memberikan kartu untuk peternak dan memungut biaya karena kurangnya anggaran yang diterima dari Dinas Peternakan Kabupaten Lampung Timur.

”Kami tidak memberikan kartu karena memang tidak dianjurkan mas, dan kenapa kami masih memungut bayaran karena memang anggaran dari dinas kurang mencukupi mas” tambahnya.

Saat Awak Media menanyakan Program Pemerintah SIWAB(Sapi Indukan Wajib Bunting) yang berlaku dari tahun 2017-2019 dan berganti dengan Program SIKOMANDAN (Sapi Kerbau Komoditas Andalan Negeri) pada tahun 2020, yang dimana pada program itu bahwasannya Pemerintah memberikan bantuan Obat bagi para peternak secara gratis, Ari pun berdalih semua itu sudah sesuai.

“Uang itu sukarela mas, untuk biaya transportasi kami di lapangan mas, lagi pula dibawah Rp. 100.000 mas kami mungut nya, kalau mau dipakai benar programnya ya sapi harus dibawa ke tempat kami ( inseminator )” tegasnya.

Terkait berita ini awak media akan mencoba mengkonfirmasi ke Dinas terkait apakah benar anggaran untuk program SIKOMANDAN jika dikerjakan dengan benar bisa menyusahkan Inseminator karena jauh dari kata cukup. ( Herman )