18 Mei 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

RAT KUD Sumber Makmur, Mekar Sari Sp6 Di Warnai Protes Anggota KUD pada PT.MBI

Spread the love

MUBA, Tren24reportase.com –
Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2020 KUD Sumber Makmur Desa Mekar Sari Sp6 Kecamatan Keluang, Muba pada Senin (12/4/2021) Sekira pukul 09.00 Wib Berlangsung Sedikit memanas. Pasalnya, seluruh anggota KUD Sumber Makmur kecewa dengan pihak PT.MBI Wilmar sebagai Bapak Asuh mereka Dalam Plasma MBI, belum bisa menyelesaikan masalah krusial yang sudah puluhan tahun belum ada titik terangnya.

Salah satu pengurus kelompok sawit KUD Sumber Makmur, Sobri yang juga mantan kades Mekar Sari SP6, dalam sesi tanya jawab pada RAT tersebut, dengan tegas menanyakan kepada pihak PT.MBI tentang kejelasan sertifikat mereka selama ini.

“Kami sangat kecewa dengan pihak PT.MBI, selama ini cuma kasih janji janji manis saja. Sudah hampir 25 tahun bukti kepemilikan kebun plasma kami (Sertifikat) belum jadi. “bahkan sawit kami sudah memasuki masa penumbangan, tapi PT.MBI sampi saat ini belum bisa menyelesaikannya. “tegas Sobri.

“Padahal sudah jelas kita ketahui bersama, untuk mendapat bantuan replanting dari dinas BPDPKS, syarat utamanya adalah petani harus memiliki sertifikat tanah dengan nama sendiri. Lantas bagaimana nasib sawit kami kalau sertifikatnya tidak keluar ? “Maka dalam hal ini, PT.MBI lah yang harus bertanggung jawab, karena selama ini kami anak asuh PT.MBI. “bebernya.

“Satu kata yang ingin saya tanyakan sama Pak Eriston, “sampai saat ini sejauh mana proses pengurusan sertifikat kami yang bang Eriston urusi ? Sehingga sampai 25 tahun belum selesai-selesai. “Ada apa ? “tanya Sobri.

Senada apa yang dikatakan Sobri. Bpk Ruslan Abdul Gani pun dengan blak blakkan menyampaikan kepada perwakilan pihak PT.MBI yang hadir yaitu Eriston, bahwa anggota KUD Sumber Makmur sudah muak makan janji-janji manis dari PT. MBI.

“Dari zaman dulu saat saya menjabat sebagai Ketua KUD ini, MBI selalu begini, bertele tele, namun belum ada buktinya sampi saat ini. “kurang sabar gimana kami ini, 25 tahun kami nunggu sertifikat hak kami, tapi belum ada titik terangnya. “ucap Ruslan dengan nada kekecewaan.

Sementara itu, Ketua KUD Sumber Makmur, Tamrin dalam kata sambutannya juga menyampaikan kekecewaannya pada pihak PT.MBI.

“Saya ini sudah capek mengumpulkan data, KK/KTP anggota setiap kali untuk pengurusan Sertifikat yang diminta oleh pihak PT. MBI, belum lagi rapat ke kabupaten, ke provinsi, tapi nyatanya sampai saat ini belum ada hasilnya, karena MBI ini cuma setengah hati ngurusnya. “jadi tolong Pak Eriston, jangan setengah hati ngurusi hal ini, sebab masyarakat bisa marah. “kata Tamrin.

Kades Mekar Sari SP6, Susanto yang hadir dalam RAT tersebut berharap kepada pihak PT.MBI segera menyelesaikan masalah krusial tersebut.

“Saya harap pihak PT.MBI cepat selesaikan hal ini, jika pihak MBI masih bertele dalam hal ini, maka jangan salah masyarakat saya kalau mereka turun kelapangan dengan jumlah banyak (demontrasi), tegas kades.

Dipenghujung RAT tersebut, akhirnya tercapailah kemufakatan antara kedua belah pihak, yaitu PT.MBI dan anggota KUD, bahwa para Petani plasma KUD Sp6 meminta agar secepat diadakan rapat bersama di kantor Camat Keluang dengan menghadirkan pihak pihak terkait tentang Sertifikat. Pihak PT.MBI melalui Eriston pun menyanggupi semua permintaan tersebut.

Tampak Hadir dalam RAT tersebut, pihak Perwakilan Dinas koperasi Muba. ibu Ratna bidang perizinan dan kelembagaan, Kasisos kec.keluang.Darwin, pihak Polsek Keluang, pihak Bank Sumsel Babel, PPL, Abdul Haji Triputra, Badan pengawas, seluruh ketua kelompok dan anggota kelompok. (DIRMAN)