27 September 2022

Tren24Reportase

Mengungkap Fakta Sampai Tuntas

Kini Warga Desa Sumber Agung Bisa Barter Sampah Dengan Sembako

Spread the love

MUBA.ReportaseNasional – Kepala Dinas lingkungan Hidup kab.Muba Andi Wijaya Busro.SH.MH untuk yang kedua kalinya Melaunching Bank Sampah di Wilayah kec.keluang Muba.

Setelah beberapa Pekan yang lalu Kadis DLH Muba melaunching Bank Sampah Mitra Karya Desa Tegal Mulyo.a4, kali ini Selasa 23 Maret 2021, kadis DLH Muba kembali melaunching Bank Sampah Pandawa Mart Desa Sumber Agung.a2 kec.keluang Muba.

Kades Sumber Agung, Tunarto, dihadapan kadis DLH Muba.Andi Wijaya Busro.SH.MH memaparkan, bahwa Bank sampah Pandawa Mart ini berbeda dengan bank sampah lainnya.

“Kenapa saya katakan beda, dikarenakan Bank sampah Pandawa Mart ini telah mendirikan warung sembako untuk warga khususnya Sumber Agung ini. “Jadi warga bisa barter sampah,dengan bahan pokok. “Beber Tunarto.

Lanjut kades, “Dan ini adalah satu satunya bank sampah yang ada di Muba yang memakai Sistem barter. “dengan demikian saya berharap warga bisa mengumpulkan sampah rumah tangga yang bernilai ekonomis dan di tukarkan dengan kebutuhan pokok mereka, tanpa harus memakai uang. “Harap kades.

Sementara itu, Kadis DLH Muba.Andi Wijaya Busro.SH.MH sangat mengapresiasi inovasi Bank sampah Pandawa Mart tersebut.

“ini yang pertama di Muba, dan saya berharap bisa menjadi contoh desa desa yang lain. “ungkap Andi Wijaya.

“Dengan mengucapkan “Bismillahirrahmanirrahim”..Bank sampah Pandawa Mart ini, “Saya Resmikan. “Kata Kadis DLH dengan Lantang.

Kadis DLH Muba juga berpesan kepada seluruh masyarakat Sumber Agung Agar kiranya dalam mengelola Sampah hendaknya menerapkan 3 hal berikut ;

1. Rejus (Mengurangi)

2. Tetua (menggunakan ulang)

3. Risaikle (mendaur ulang).

Dan beliaupun berpesan, “Stop Buang Sampah Sembarangan. “Pungkasnya.

Ditempat yang sama, Direktur Bank sampah Pandawa Mart. M.Arif agar kiranya warga sumber agung bisa mensuport bank sampah tersebut dengan cara menukarkan Sampah yang bernilai ke warung bank sampah Pandawa, “Sebab tanpa Suport dari Pemdes setempat dan warga, mustahil program ini akan berkelanjutan. “Kata Arif.

“Kami juga akan menjalin kerjasama dengan steak holder lainnya, guna memajukan bank sampah Pandawa Mart ini. “dan kepada DLH Muba kami mohon bantuannya berupa Mesin Pendaur ulang Sampah. “Celoteh Arif kepada kadis DLH.

Tampak Hadir dalam acara tersebut Kabid kebersihan Muba.Nazirin, Sekcam keluang. Amir Syarifuddin.SH, pengurus Bank sampah Mitra karya.a4, Kasi PPDK. Jusrizal.ST dan tamu undangan lainnya.                    (DIRMAN)

About Post Author